Tahun Terakhir Kepemimpinan Jeff Bezos, Kinerja Amazon Meroket di Kuartal Pertama 2021!

Tahun Terakhir Jeff Bezos Memimpin dan Kinerja Amazon Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Tahun Terakhir Jeff Bezos Memimpin dan Kinerja Amazon Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Jeff Bezos sebentar lagi bakal berhenti menjabat sebagai CEO Amazon. Di tahun terakhir kepemimpinannya, Amazon justru baru saja mencatatkan kinerja cemerlang lho!

Diketahui dari Business Insider, penjualan bersih salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia itu telah meroket di kuartal pertama tahun 2021. Penjualan bersih Amazon diketahui mencapai US$108,52 miliar, meroket 44 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kalau dilihat berdasarkan laporan keuangan yang dirilisnya, laba bersih Amazon juga meningkat menjadi US$8,1 miliar di kuartal I/2021. Padahal, di periode yang sama di tahun 2020, laba bersih Amazon hanya mencapai US$2,5 miliar.

Begitu juga dengan pendapatan operasional Amazon, yang meningkat lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya, yakni tercatat sebesar US$8,9 miliar. Sedangkan di kuartal I/2020, pendapatan operasional Amazon hanya mencapai US$4 miliar lho.

Kalau dibanding dengan ekspektasi analis yang pernah dipublikasi Bloomberg, ini yang selama ini sudah dicapai Amazon:
 
  Kinerja Amazon
Kuartal I/2021
Ekspektasi Analis
di Bloomberg
Revenue US$108.52 miliar US$104.57 miliar
EPS (GAAP) US$15.79 US$9.69
AWS Revenue US$13.5 miliar US$13.09 miliar


Pendapatan tersebut juga didukung oleh divisi komputasi awan AWS (Amazon Web Services). Peningkatan belanja online selama pandemi juga memicu naiknya pendapatan Amazon.

Baca Juga: Jeff Bezos Resign, Andy Jassy Bakal Gantikan Posisi CEO Amazon

 

Tahun Terakhir Jeff Bezos Memimpin dan Kinerja Amazon Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Tahun Terakhir Jeff Bezos Memimpin dan Kinerja Amazon Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

 

Kontribusi Kinerja AWS dan Prime Video Amazon

Dikutip dari laporan keuangannya, Jeff Bezos mengatakan kalau dua anak usahanya sekarang sudah berumur 10 dan 15 tahun. Setelah bertahun-tahun “diasuh”, anak usaha Amazon pun kini sudah bisa tumbuh dengan cepat dan mandiri.

Buktinya, selama 15 tahun, AWS sudah berhasil mencetak penjualan tahunan senilai US$54 miliar. Pertumbuhannya pun semakin cepat, yakni mencapai 32 persen dari tahun sebelumya.

Sejauh ini, perusahaan seperti Airbnb hingga McDonalds datang ke AWS. Soalnya bisnis teknologi komputasi awan Amazon itu menawarkan alat dan layanan terluas dan terus berinovasi.

Enggak hanya itu, layanan Prime Video milik Amazon juga mencetak kinerja yang bagus. Saat tepat berusia 10 tahun, ada lebih dari 175 juta anggota melakukan streaming acara dan film dalam satu tahun terakhir di Prime Video.

Selain itu, jam streaming Prime Studio juga naik lebih dari 70 persen dari tahun ke tahun lho, Be-emers.

Adapun, Business Insider juga mencatat, Amazon mengeluarkan prospek cerah untuk kuartal mendatang. hal itu sejalan dengan ekspektasi Amazon akan penjualan yang kuat di tengah peluncuran vaksin dan pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Amazon Habiskan US$1 Miliar untuk Bayar Pekerja Per Jam, Ini Alasannya