Amazon Habiskan US$1 Miliar untuk Bayar Pekerja Per Jam, Ini Alasannya

Pekerja Amazon Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Pekerja Amazon Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Kamu pernah bekerja dengan bayaran per jam? Salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Amazon Inc., ternyata telah menghabiskan US$1 miliar untuk pekerja yang dibayar dengan sistem per jam lho, Be-emers.

Dikabarkan Bloomberg, Amazon.com Inc. menaikkan gaji ke lebih dari 500.000 pekerja per jamnya beberapa bulan lebih awal.

Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos itu menghabiskan US$1 miliar untuk pembayaran yang dirancang guna mempercepat perekrutan di divisi logistik perusahaan yang saat ini tengah berkembang pesat.

Jadi, mulai Mei dan Juni 2021, kenaikan gaji sebagian besar pekerja Amazon bakal berkisar dari 50 sen hingga US$3 per jam.

Baca Juga: Ambisi Perluas Bisnis Periklanan Digital, Begini Kinerja Amazon
 

Peningkatan di Sektor Logistik Amazon

Menurut Wakil Presiden Human Resource Grup Amazon  Darcie Henry, dalam blog Amazon, pihaknya merekrut untuk puluhan ribu pekerjaan seluruh operasi logistiknya di AS.


Sementara itu, kesibukan perekrutan bertepatan dengan gudang perusahaan dan unit distribusi. Hal itu yang kini tengah dikebut oleh Amazon untuk menangani lonjakan pesanan online yang dipicu pandemi dan memangkas waktu pengiriman.

Di sisi lain, hal tersebut dilakukan seiring dengan kekalahan Amazon dari serikat pekerja untuk mengatur gudang Alabama. Diketahui, sejumlah penyelenggara serikat pekerja mengatakan, meski gaji awal di Amazon US$15 per jam lebih menguntungkan dibanding bekerja sebagai kasir, tapi hal itu rupanya enggak cuan untuk ukuran di industri logistik lho.

Apalagi, para pekerja gudang Amazon pernah melaporkan kalau mereka diminta untuk wajib bekerja lembur dalam beberapa pekan terakhir. Nah, hal itu dinilai bisa berpotensi menjadi pertanda bahwa Amazon mengalami masalah dalam mengisi posisi untuk memenuhi permintaan pesanan dan gudang.

Meski begitu, Amazon diketahui menawarkan bonus $ 500 kepada karyawan di beberapa gudang jika mereka bisa merujuk teman dan anggota keluarga untuk menerima pekerjaan di Amazon.

Adapun, bos Amazon Jeff Bezos pernah menyampaikan pesan ke pemegang sahamnya, bahwa Amazon bakal melakukan pekerjaan yang lebih baik bagi karyawan.

Baca Juga: Ramai Kurir Shopee Mogok Kerja, Begini Respon dan Dampaknya