Deretan Sektor Bisnis yang Mencetak Banyak Miliarder Dunia

Rich Person ( Sumber : freepik )

Rich Person ( Sumber : freepik )


Terdapat berbagai sektor bisnis yang bisa mengantarkan seseorang menjadi kaya raya. Seperti halnya berbagai variasi bisnis yang dijalankan oleh 2.755 miliarder di dunia hingga membuat mereka menerima “title” tersebut. Lantas, apa sajakah itu?

Ini deretan sektor yang menghasilkan miliarder terbanyak di 2021 berdasarkan data Forbes 2021

6. Makanan dan Minuman

 

Zhong Shanshan ( Sumber : cnnespanol )

Zhong Shanshan ( Sumber : cnnespanol )


Menjadi kebutuhan manusia, sektor ini menjadi sektor yang tak akan pernah mati. Sehingga, tak heran bila terdapat banyak pemain di sektor ini mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan raksasa yang mengantarkan pemiliknya menjadi miliarder.

Orang terkaya di China pun menghasilkan cuannya dari sektor ini, lho. Sebagian besar pendapatan Zhong Shanshan berasal dari Nongfu Spring, perusahaan minuman kemasan miliknya yang berhasil mendominasi pasar di China.

Dengan kekayaan bersih sebesar US$ 68.9 miliar, Shanshan menempati posisi miliarder terkaya di sektor ini, mengalahkan 218 miliarder lain yang juga menjadi kaya dari bisnis makanan dan minuman.

Selain Shanshan, ada juga pendiri coklat Nutella Giovanni Ferrero yang masuk ke dalam daftar miliarder Forbes. Jacqueline dan John Mars juga miliarder yang merajai bisnis permen dan coklat dengan perusahaan Mars Inc. 

5. Kesehatan

 

Jiang Rensheng ( Sumber : Forbes )

Jiang Rensheng ( Sumber : Forbes )




Menempati posisi ke 5, sektor kesehatan berhasil mengantarkan 221 pengusahanya masuk ke daftar miliarder dunia Forbes di 2021 ini. Pandemi virus corona yang melanda dunia, menjadi salah satu pendorong pertumbuhan perusahaan kesehatan.

Sehingga hal itu juga mendorong peningkatan kekayaan pribadi para pengusaha kesehatan, lebih dari 100 persen. Jiang Rensheng dan keluarganya menjadi orang terkaya di sektor ini dengan kekayaan bersih US $24.4 miliar. 

Rensheng termasuk salah satu pengusaha yang kekayaannya melejit sebesar 221 persen dibanding tahun sebelumnya. Kekayaan Rensheng dan keluarga berasal dari perusahaan produsen vaksin Chongqing ZFSW Biological Products (Zhifei).

Selain Rensheng, kekayaan bersih pemilik jaringan rumah sakit mata terbesar di China -Aier Eye Hospital Group- Chen Bang, melejit akibat pandemi. Dari sebelumnya US $7.6 miliar menjadi US $17.9 miliar mengalami kenaikan 136 persen.

4. Fashion dan Ritel

 

Bernard Arnault ( Sumber : CNBC )

Bernard Arnault ( Sumber : CNBC )



Posisi keempat sektor penghasil miliarder terbanyak di dunia adalah Fashion dan Ritel. Sebanyak 10 persen atau 273 orang miliarder dunia versi Forbes berasal dari sektor ini. Posisi pertama dipegang Bernard Arnault.

CEO perusahaan LVMH, Arnault memiliki kekayaan bersih US $150 miliar. Berbagai brand high-end ternama dunia, sepeti Louis Vuitton, Tiffany & Co. serta Sephora berada dibawah kepemilikan Arnault.

Selain Arnault, Selebriti Kim Kardashian juga mendulang cuan dari sektor ini. Ia menjadi miliarder pendatang baru dan berhasil masuk ke dalam list miliarder di dunia 2021 dengan bisnis miliknya, brand pakaian Skims dan brand kosmetik KKW.

3. Manufaktur

 

He Xiangjian ( Sumber : south china morning post )

He Xiangjian ( Sumber : south china morning post )



Sebanyak 331 miliarder atau 12 persen dari list Forbes 2021 mencapai kesuksesannya melalui sektor manufaktur. Uniknya, hampir dari setengah miliarder di sektor ini merupakan orang China. 

Bahkan, posisi pertama dipegang oleh He Xiangjian dengan perusahaan peralatan rumah tangga miliknya, Midea Group. Memiliki lebih dari 200 anak perusahaan, tak heran kekayaan bersih Xiangjian mencapai US $35 miliar.

Selain pengusaha China dan Asia, posisi tinggi pada list miliarder di sektor manufaktur ini diisi oleh pengusaha asal Inggris James Dyson pemilik Dyson Ltd dan produsen pengikat asal Jerman Reinhold Wuerth.

2. Teknologi

 

Jeff Bezos ( Sumber : pinterest )

Jeff Bezos ( Sumber : pinterest )



Sektor ini sering dianggap menjadi penyumbang miliarder terbanyak di dunia. Nyatanya, ia menempati posisi ke 2 dengan selisih 6 orang. Sebanyak 13 persen atau 365 orang menjadi miliarder karena sukses membangun perusahaan teknologi.

Pendiri e-commerce raksasa asal Amerika, Jeff Bezos masih menjadi orang terkaya di sektor ini dengan kekayaan bersih US $177 miliar. Sebagian besar dari jumlah tersebut diperoleh Bezos dari Amazon, e-commerce miliknya yang menjadi e-commerce terbesar di dunia.

Meski bukan penyumbang terbanyak dalam daftar miliarder dunia, faktanya banyak dari miliarder di sektor teknologi meraup keuntungan besar dan menduduki posisi teratas dalam daftar miliarder terkaya lho! 

Sebut saja miliarder yang namanya sudah tak asing di masyarakat seperti CEO Tesla Elon Musk, pendiri Microsoft Bill Gates, Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, dan miliarder lainnya yang meraup banyak cuan dari sektor ini.

1. Keuangan dan Investasi

 

Warren buffett ( Sumber : pinterest )

Warren buffett ( Sumber : pinterest )



Sektor keuangan dan investasi menjadi sektor yang paling banyak dijalankan oleh para miliarder di dunia. Sebanyak 371 miliarder atau 13 persen dari daftar miliarder di dunia versi Forbes menuai kekayaannya melalui sektor ini.

Pasalnya, memang sektor ini memang sedang di gandrungi di masyarakat. Hal ini berdasarkan munculnya miliarder pendatang baru yang sukses dari sektor keuangan dan investasi ini, seperti Winklevoss bersaudara yang kaya berkat bermain di dunia kripto.

Status sebagai miliarder terkaya dalam sektor ini dipegang oleh Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway yang juga salah satu investor tersukses sepanjang masa. Dengan kekayaan bersih US $96 miliar, saham miliknya tersebar di lebih dari 60 perusahaan.

Itulah deretan sektor yang menghasilkan miliarder terbanyak di 2021 berdasarkan data Forbes 2021. Kira-kira, kamu berminat di sektor apa nih?