Ini Deretan Usaha Kecil Rumahan

The Startup Business Planner For Female Entrepreneurs (michelleharry.com)

The Startup Business Planner For Female Entrepreneurs (michelleharry.com)

Like
Banyak sekali bisnis dan kategorinya. ada bisnis skala besar berupa korporasi maupun bisnis kecil yang bisa dilakukan di skala rumahan.

Walaupun usaha kecil, namun pastinya tetap memberikan keutungan yang menarik. Usaha kecil ini bisa dilakukan di desa maupun di kota karena di keduanya saling membutuhkan produk usaha kecil yang akan kita bahas ini.

Lalu, apa saja usaha kecil yang akan kita bahas? langsung saja kita menuju ke pembahasan.
  1. Jual pulsa dan token listrik. banyak sekali kemitraan yang menawarkan usaha ini. saya yakin produk ini akan tetap dibutuhkan bagi masyarakat manapun. pulsa dan listrik termasuk kebutuhan pokok yang menunjang kehidupan manusia maka usaha ini akan tetap prospek walau banyak pesaing mengingat konsumen yang luas.
  2. Jasa salon dan potong rambut. apabila anda memiliki keahlian dalam bidang ini maka wajib mencoba usaha ini. setiap orang pasti memiliki rambut untuk dirawat secara rutin maka usaha ini sangat prospek.
  3. Usaha jahit. bidang fashion tentu akan tetap ada selama manusia ada. usaha jahit tentu menjadi menarik karena tidak tiap orang suka membeli fashion langsung jadi di toko. banyak pula yang suka untuk membawa ke tukang jahit karena pertimbangan seperti ukuran, model, dan kepuasan lain.
  4. Jasa servis kendaraan. segmen ini juga luas dan ada di desa maupun kota. mungkin jika kita memilih segmen yang lebih luas maka kita bisa khusus untuk servis kendaraan motor. karena rata rata di desa sudah memiliki motor dan di kota lebih banyak lagi motor yang beredar.
  5. Usaha kuliner. usaha kuliner bisa dalam bentuk warung makan ataupun usaha katering. kita tinggal menyesuaikan segmen dengan menu makanan yang kita suguhkan. kuliner akan terus laku karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia.
  6. Usaha penginapan. jika kita di kota maka kita bisa membuka sebuah hostel kecil. jika kita di desa, khususnya desa wisata kita bisa membuka sebuah homestay ataupun menyewakan kamar dirumah kita pada wisatawan. saya rasa akan laku jika harga sebanding dengan pelayanan yang diberikan.
  7. Ternak ikan. ternak ini sangat cocok untuk masyarakat desa dan kota. masyarakat desa bisa menggunakan keunggulan alam nya yakni air yang melimpah. di kota juga bisa ternak ikan karena kita hanya membutuhkan lahan yang sempit untuk beternak ikan. 
  8. Rental elektronik. di kota dan didesa seiring perkembangan teknologi maka elektronik juga semakin berkembang. di kota kita bisa membuka rental warnet dan rental ps. di desa kita bisa menyewakan alat komunikasi berupa HT. 
  9. Menyewakan lahan. apabila anda memiliki lahan di desa maupun di kota maka akan menghasilkan uang jika disewakan. di kota biasanya akan dibangun toko atau rumah dan di desa biasanya di sewa untuk mengembangkan bidang pertanian.
  10. Jual pakan. desa maupun kota pasti ada yang memelihara hewan untuk dikembangbiakkan. kita juga bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan pakan, baik pakan ikan, pakan burung, pakan kucing dan lain lain. kita tinggal menyesuaikan dengan peliharaan apa di sekitar kita.
Itu tadi merupakan berbagai jenis inspirasi usaha kecil rumahan yang bisa dilakukan di desa dan di kota.

Apabila anda berencana untuk membuka usaha rumahan maka rekomendasi diatas bisa anda pertimbangkan untuk anda eksekusi menjadi bisnis yang menghasilkan cuan untuk anda.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Rumahan Di Masa Pandemi Corona