Toyota VS Daihatsu: Rilis Mobil Raize dan Rocky, Mana yang Paling Oke? Ini Fakta Menariknya

Toyota Raize VS Daihatsu Rocky Illustration Bisnis Muda - Canva

Toyota Raize VS Daihatsu Rocky Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Pada 30 April 2020 kemarin, Toyota dan Daihatsu resmi merilis mobil “kembar” terbaru mereka, yakni Rocky dan Raize. Seperti apa fakta menarik keduanya? Mana yang paling menarik?

Mungkin di antara kamu sering bertanya-tanya, kenapa sih mobil yang diproduksi oleh Toyota dan Daihatsu sering banget mirip satu sama lain?

Buat kamu yang belum tahu, Daihatsu sebenarnya memang sudah menjadi keluarga besar dari Toyota lho! Pada 9 November 1967, Daihatsu yang sebelumnya bernama Hatsudoki Seizo Co itu bergabung dengan Toyota Motor Group.

Saat itu, pemerintah Jepang memang sengaja menggabungkan Daihatsu dengan Toyota dalam rangka pembebasan kapital seiring adanya persaingan mobil yang ketat di “Negeri Sakura” nih, Be-emers.

Baca Juga: Alasan Mobil Daihatsu dan Toyota Sering Banget Mirip


Makanya, enggak heran, sampai saat ini, Toyota dan Daihatsu sering banget mengeluarkan produk mobil yang mirip. Bahkan kini, peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menambah daftar panjang mobil kembar mereka.

 

Toyota Raize Illustration - Image: Pinterest

Toyota Raize Illustration - Image: Pinterest

 

Peluncuran Mobil Daihatsu dan Toyota di Hari yang Sama dengan Jam Berbeda

Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor telah meluncurkan mobil kembar terbaru mereka, yakni Rocky dan Raize.

Pada saat peluncurannya 30 April 2021 lalu, Daihatsu Rocky dirilis terlebih dahulu di pagi hari. Kemudian, di siang harinya, Toyota Raize kemudian menyusul untuk dirilis.

Ternyata hal itu jadi kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh Daihatsu dan Toyota lho, Be-emers! Metode peluncuran mobil kembar Toyota-Daihatsu seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Ayla-Agya, hingga Calya-Sigra juga kerap dilakukan di hari yang sama dengan jam yang berbeda.

Adapun, untuk peluncuran Raize dan Rockie, kali ini dilakukan secara virtual. Meski begitu, baik Daihatsu dan Toyota juga diketahui mengadakan acara besar untuk peluncuran mobil barunya.

 

Daihatsu Rocky Illustration - Image: Pinterest

Daihatsu Rocky Illustration - Image: Pinterest

 

SUV yang Dirancang di Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA)

Mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle atau SUV nih, Be-emers.

Dengan kapasitas lima penumpang, kedua mobil tersebut diketahui memiliki mesin bensin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc non turbo. Transmisi yang dimiliki Raize dan Rocky yakni manual 5, dengan percepatan CVT.

Menariknya, baik Raize maupun Rocky ternyata dirancang di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) lho! Enggak hanya itu, Raize dan Rocky juga sama-sama diproduksi di pabrik Daihatsu Indonesia.

Toyota Raize juga jadi mobil pertama produksi Toyota yang menggunakan DNGA! Sedangkan Rocky, merupakan mobil kedua Daihatsu yang menggunakan DNGA nih.

Sebelumnya, sejak DNGA dikembangkan pertama kali pada 2017, Daihatsu Tanto menjadi mobil pertama yang dirancang dengan DNGA. Kemudian, barulah Daihatsu Rocky menggunakan DNGA di tahun 2019 dan Taft di tahun 2020 saat masih dijual di Jepang.

Jadi, DNGA itu dikembangkan dengan konsep 1-1-1-1 nih, Be-emers. Artinya, pengembangan mobil sudah memperhitungkan segala aspek dan detail dari si mobil itu sendiri.

Mulai dari ukuran, harga, bobot, hingga waktu tempuh mobil. Hal itu bertujuan agar mobil tersebut menjadi lebih efisien untuk dikendarai.

DNGA ini merupakan platform yang dilengkapi fitur canggih dan kekinian dari Daihatsu lho. Bahkan, DNGA juga punya waktu yang lebih efisien dalam proses pengembangan di setiap modelnya.

Adapun, diketahui, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dijual mulai dari harga Rp180 jutaan. Kabar bahagianya, baik Raize maupun Rocky sama-sama masuk dalam daftar mobil yang dapat diskon PPnBM lho!

Kamu tertarik beli Toyota Raize atau Daihatsu Rocky nih, Be-emers?


Nonton juga yuk video soal "Alasan Mobil Daihatsu dan Toyota Sering Samaan" berikut ini


 

Jangan lupa like, comment, subscribe, dan share ke teman-teman kamu ya!



Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!