Resmi IPO & Overvalue, Valuasi Perusahaan Artis Jessica Alba Dinilai Jauh dari Kinerjanya

Perusahaan Jessica Alba IPO Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Perusahaan Jessica Alba IPO Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like
Honest Company, perusahaan yang didirikan oleh artis Jessica Alba, telah resmi melakukan Initial Public Offering (IPO) nih, Be-emers. Bahkan, sampai overvalue lho!

Dilansir Business Insider, di tengah kisaran harga IPO-nya, Honest Company punya perkiraan valuasi lebih dari US$ 1,4 miliar. Banyak pihak, termasuk Trainer, yang menilai kalau kisaran tersebut terlalu tinggi.

Pada Selasa (4/5) lalu, Honest Company telah menetapkan harga penawaran umum perdana dari 25.807.000 saham biasa dengan harga US$ 16 per saham. Meski begitu, Trainer menilai, harga tersebut seharusnya enggak lebih dari US$7 per saham.

Bagi Trainer, valuasi US$15 per saham bisa menyiratkan keuntungan perusahaan akan tiga kali lebih besar dari Revlon. Di satu sisi, pihak Trainer berpikir, kemungkinan hal itu terjadi sangat rendah karena perusahaan konsumen lama yang bersaing dengan The Honest Company sudah mendominasi industri.

Diketahui, Honest Company menjual produk perawatan bayi dan consumer goods lainnya. Jessica dan Honest Co. pun mengklaim kalau produknya lebih aman dan enggak menggunakan bahan kimia sintetis.

Baca Juga: Siap IPO, Perusahaan Milik Jessica Alba Ini Targetkan Valuasi US$1,5 Miliar
 

Honest Company Dinilai Belum Pantas Mendapatkan Valuasi US$1,4 Miliar

Namun, Trainer justru mengatakan bahwa apa yang dijalani perusahaan Jessica Alba tersebut hanya “tipu muslihat” semata.

Bahkan, ;pihaknya menilai bisnis Honest Company bukan bisnis yang cukup besar untuk bisa mendapatkan valuasi sebesar US$ 1,4 miliar dan bersaing dengan pesaing yang lebih mapan seperti Kimberly-Clark, Procter & Gamble, Johnson & Johnson, dan Unilever, dan Revlon.

Honest Company hanya punya 1,4 persen pangsa pasar di tahun 2019. Kurangnya ruang atau track record dinilai bisa menimbulkan kerugian kompetitif.

Trainer menilai, konsentrasi pelanggan yang begitu besar meningkatkan risiko berinvestasi di perusahaan. Soalnya, jaringan distribusinya kurang terdiversifikasi dibandingkan dengan para pesaingnya.

Hal itu sebenarnya juga diakui oleh Honest Co. nih, Be-emers. Menurut Honest Company, hal tersebut merupakan bagian dari risiko dalam pengajuan IPO-nya.

Meski begitu, Honest Company tercatat menghasilkan US$ 300,5 juta pendapatan tahun 2020 lalu lho! Produk popok dan tisu mendominasi sekitar 63 persen penjualan Honest Co. nih.

Dengan begitu, berdasarkan laporan Insider, pendapatan Honest Co. di tahun 2020 tumbuh sekitar 28?ri tahun sebelumnya. Namun, Honest Company ternyata justru rugi bersih sebesar US$ 14,5 juta!

Nonton juga yuk video soal "Untung-Rugi Beli Saham IPO" berikut ini
 


Jangan lupa like, comment, subscribe, dan share ke teman-teman kamu ya!