Amazon Tertarik Beli Studio Film MGM untuk Perkuat Bisnis Streaming

Amazon (Sumber: Unsplash)

Amazon (Sumber: Unsplash)

Like

Amazon dikabarkan lagi mempertimbangkan untuk beli Metro-Goldwyn-Mayer, atau lebih dikenal MGM. Ini berarti, Amazon akan memiliki hak atas beberapa waralaba populer termasuk seri James Bond dan Rocky!

Dari segi nilai, studio film dengan logo ikonik singa mengaum tersebut ditaksir bernilai sekitar USD 7 miliar hingga USD10 miliar. 

Membeli studio film seperti MGM, dinilai bakal membawa keuntungan lebih banyak. Langkah ini tidak diragukan lagi akan mendukung platform streaming perusahaan yang sudah populer, Prime Video milik Amazon.

Pasalnya, film dan proyek MGM dapat langsung masuk ke dalam Prime Video milik Amazon.

MGM menjadi sebuah perusahaan studio film Hollywood yang belum terkonsolidasi dengan konglomerat bisnis lainnya. MGM punya perpustakaan film dengan lebih dari 4000 judul film dan program televisi. Banyak diantaranya sangat populer dan mudah dikenali seperti The Hobbit, Creed, James Bond dan lainnya.


Baca Juga: Deretan Model Bisnis Amazon, Cuan Terbanyak Bukan dari E-commerce Lho!

Namun dari berbagai sumber, hingga saat ini Amazon dan MGM masih belum mau berkomentar mengenai isu ini. 

MGM memang telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa tahun terakhir, rencana untuk menjual perusahaan bukanlah hal baru. Apalagi di saat pandemi, seperti studio film lainnya, MGM begitu terpukul akibat pandemi Covid-19. 

Dalam memperkuat bisnis streamingnya, Amazon sempat dikabarkan mau membeli berbagai layanan hiburan. Pada 2018, Amazon dikabarkan bakal membeli Teater Landmark, sebuah jaringan bioskop. Pada 2020, Amazon dikabarkan mau membeli AMC Theatres.

Amazon sedang berjuang untuk menjadikan Prima Video lebih besar dari posisi saat ini. Salah satunya dengan membuat serial yang paling ditunggu yakni 'The Lord of the Rings'. Serial ini dilaporkan bakal menelan biaya US$465 juta untuk satu musim.

Kira kira bakal seperti apa ya kalau Amazon akhirnya berhasil beli MGM?