Berdasarkan Film Money Explained dari Netflix: Apa yang Sebenarnya Kita Lakukan dengan Uang?

Money Explained - Netflix

Money Explained - Netflix

Like

Film serial dokumenter dari netflix kali ini membahas mengenai keuangan. Film dokumenter ini membahas soal keuangan dari kartu kredit, penipuan keuangan, pinjaman pelajar, dana pensiun hingga perjudian yang dibahas tiap episodenya. 

Serial ini berisi konten untuk mengambil beberapa topik yang berbeda dalam relevansinya.

Namun, beberapa episode yang lebih relevan, seperti episode pada kartu kredit, membahas sejarah dan masyarakat di sekitar mereka sambil memberikan deskripsi konkret tentang cara bank mengumpulkan keuntungan dan mengartikulasikan langkah-langkah yang jelas untuk mencegah pemirsanya agar menghindari jebakan umum yang mengarah pada utang yang membengkak.

Serial ini berjumlah 5 episode dengan durasi 22 menit tiap episode. Netflix telah membuat serial dokumenter serupa dengan pembahasan topik yang berbeda. Misalnya tentang coronavirus, perhitungan vote, dan sex yang juga dibahas dengan singkat dan menarik. 

Money Explained memiliki nuansa yang mirip dengan seri Explained lainnya, menggunakan animasi, narator selebriti, dan wawancara ahli untuk memberikan penjelasan dengan gambaran yang baik pada konsep yang kompleks.


Episode pertama dengan judul ‘Get Rich Quick’ adalah tentang skema cepat kaya, masalah yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Episode ini membahas tentang mengapa orang orang terus terjebak dengan penipuan finansial.

Bahkan, penipuan ini sudah berlangsung sejak sebelum internet ditemukan. Orang terus jatuh ke perangkap bagaimana cara jadi kaya dengan cepat yang ujung ujungnya adalah skema penipuan uang.

Episode tersebut menjelaskan berbagai jenis penipuan, termasuk perbedaan antara skema Ponzi dan skema piramida. Juga menjelaskan apa perbedaan antara skema piramida dan perusahaan pemasaran berjenjang yang sah.

Salah satu penipuan yang mendapat pemeriksaan lebih dekat adalah One Coin, penipuan cryptocurrency yang disebut demikian oleh berbagai analis, tetapi orang-orang masih berinvestasi. Mereka juga berbicara dengan ahli penipuan yang merilis sebuah buku tentang mengapa orang-orang tertipu.

Episode kedua membahas tentang kenyamanan kartu kredit yang ada harganya. Dari metode yang digunakan bank untuk memaksimalkan keuntungan hingga utang yang dibantah. Di episode ini, lebih dibahas untuk melihat ke dalam sistem. 

Episode terakhir Money, Explained, 'Retirement,' menyoroti bagaimana sistem pensiun modern, membahas kebangkitan pensiun dalam prosesnya. Namun episode tersebut dimulai dengan dakwaan terhadap kaum muda yang para ahli khawatir bahwa kaum muda tidak akan memiliki cukup tabungan untuk masa pensiun. Pesan moral episode tersebut adalah mulai menabung sekarang.

 

3 episode terakhir Money, Explained

3 episode terakhir Money, Explained

Apakah ‘Money, Explained’ mengajarkan cara mendapat uang lebih banyak? Tidak. Tapi film ini akan menunjukkan mengapa kamu lebih mudah dapat menjalankan utang kartu kredit. 

Film serial dokumenter dari Netflix ini cocok nih buat kamu yang mau belajar dengan cara menyenangkan