Demi Lovato Umumkan Diri sebagai Non-Biner, Apa Itu?

Demi Lovato Umumkan Sebagai Non-Biner Illustration Web Bisnis Muda - Image: Instagram Demi Lovato

Demi Lovato Umumkan Sebagai Non-Biner Illustration Web Bisnis Muda - Image: Instagram Demi Lovato


Penyanyi dunia, Demi Lovato, secara mengejutkan telah mengumumkan sebagai seorang Non-Biner nih, Be-emers. Apa sih sebenarnya Non-Biner itu?

Pada Rabu(19/5) lalu, dalam sebuah video di Twitter miliknya, Demi mengumumkan telah mengidentifikasikan diri sebagai seorang non-biner. Selanjutnya, dirinya enggak bakal dipanggil “she/he” dalam bahasa Inggris, melainkan menggunakan panggilan “they/them”.

Jadi, Demi mengaku telah memahami identitas gender yang dialami setelah menghabiskan waktu dalam pemulihan diri dan perenungan selama setahun terakhir nih, Be-emers.

Bagi Demi, keputusan itu paling baik dalam mewakili apa yang dipikirkan dan rasakan untuk mengekspresikan sebuah gender.

 

Apa Itu Non-Biner?

Kalau biasanya kita mengenal ada dua gender, yakni laki-laki dan wanita, sebenarnya ada juga lho jenis gender lainnya yang diakui oleh sejumlah pihak. Salah satunya yakni non-biner.


Dilansir dari laman Hello Sehat, Non-Biner atau yang juga dikenal sebagai Genderqueer, merupakan sebuah istilah identitas gender yang enggak merujuk spesifik ke salah satu gender kayak perempuan atau laki-laki.

Jadi, Non-Biner itu bisa ada di antara atau bahkan di luar dua gender tersebut nih, Be-emers. Buat kamu yang masih bingun, Non-Biner lebih merujuk sama persepsi internal seseorang sih.

Kalau biasanya gender yang kita kenal itu tergantung dari kondisi biologisnya, Non-Biner justru tergantung dari gimana seseorang memandang dirinya.

Makanya, orang yang memutuskan atau merasa dirinya Non-Biner, seringkali memutuskan untuk dipanggil dengan sebutan “mereka” atau “kami”, dan bukan “dia”. Apalagi, di sejumlah bahasa, seperti Bahasa Inggris, kata ganti orang ketiga memiliki gender yakni “she” dan “he”.

Gender apa lagi yang kamu ketahui dan kamu anggap unik?

Baca Juga: Intip Bisnis Enzy Storia yang Berawal dari Iseng