Cara Aman Trading Cryptocurrency

Bitcoin on a $50 bill (unsplash.com)

Bitcoin on a $50 bill (unsplash.com)

Like
Cryptocurrency akhir akhir ini sangat ramai di perbincangkan. Hal itu tak luput karena fenomena cryptocurrency ini menjadi tren di tidak hanya satu atau dua negara melainkan banyak negara.

Oleh karena itu, jenis investasi ini sangat hype terutama saat pandemi Covid-19 melanda, dimana banyak orang untuk melirik cryptocurrency sebagai pendapatan sampingan.

Hal ini terbukti dari banyaknya orang kaya baru yang hartanya berasal dari keuntungan cryptocurrency. Tentu, dalam trading juga kita harus ketat dalam mengukur reward and risk-nya.

Apalagi, dalam trading cryptocurrency yang tergolong beresiko. Maka, kita harus membuat cara aman khususnya dalam trading cryptocurrency.

Berikut ini tips cara aman dalam trading cryptocurrency:
  1. Memilih cryptocurrency yang memiliki fundamental bagus
    Dalam hal ini banyak indikator yang bisa kita lihat seperti nama besar , kapitalisasi pasar, volume yang bagus, likuid dan memiliki keunggulan yang membedakan dengan cryptocurrency lain.
     
  2. Menentukan trading plan yang jelas
    Trading plan ini membuat cara kita trading lebih teratur. Hal ini juga menyebabkan kita disiplin dimana kita harus jual, beli, atau hold serta cutloss apabila diperlukan.
     
  3. Jangan greedy
    Kebanyakan orang memiliki sifat ini. Sebaiknya sifat ini harus dihilangkan karena apabila ini dibiarkan maka akan menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri. 
     
  4. Perhatikan berita pasar
    Cryptocurrency sangat peka terhadap berita pasar. dalam hitungan detik pun harga cryptocurrency bisa berubah karena berita pasar yang dimunculkan pada saat itu juga.

    Kita bisa mencari berita pasar di website internasional. jangan lupa pantau secara rutin agar tidak ketinggalan berita.
     
  5. Acuan tetap pada Bitcoin
    Bitcoin menjadi acuan bagaimana cryptocurrency bergerak akan mengikuti pergerakan Bitcoin.
     
  6. Memilih Exchange Broker yang terpercaya
    Exchange Broker Crypto yang terpercaya tentu memiliki ciri seperti mendapat ijin dari otoritas negara, memiliki reputasi yang bagus, tidak scam, memiliki jumlah coin yang banyak, mudah dalam hal penarikan uang.
     
  7. Waspada terhadap gerakan pom pom yang terjadi
    Gerakan pom pom tentu menghasilkan dua buah kesimpulan, yakni cuan lebar dan boncos. Jika kita beruntung, maka pom pom akan menggandakan uang kita secara cepat.

    Akan tetapi jika sudah tidak di pom pom maka akan dump dan menghilangkan uang kita dengan cepat pula, jadi tetap hati hati dan selalu amati pergerakan tukang pom pom crypto tersebut.
     
  8. Amankan profit
    Jika sudah profit, tidak ada salahnya untuk mengambilnya dan dipindahkan ke instrumen aset yang lebih aman seperti deposito atau reksadana. hal ini bertujuan untuk mengamankan kekayaan anda.

    Jangan sampai karena terlalu bernafsu maka modal dan keuntungan kita menjadi ludes.

Itu tadi beberapa tips yang saya berikan bagi anda yang ingin memulai atau sudah trading cryptocurrency. Dengan berbagai tips tersebut, semoga menjadikan trading anda lebih teratur dan memberikan anda return trading yang banyak. jangan lupa sisihkan berbagi dari hasil trading anda ya. 

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Siap Investasi Kripto