Mengenal Apa Itu Compunding Interest?

Sumber Gambar : VectorStock

Sumber Gambar : VectorStock


Apa Itu Compound Interest?

Bunga majemuk atau compound interest adalah bunga dari deposito atau pinjaman yang didasarkan pada pokok awal dan bunga terakumulasi dari periode sebelumnya.

Diduga, berasal dari Italia pada abad ke-17, bunga majemuk bisa dibilang sebagai “bunga dalam bunga” dan dapat memberi hasil yang lebih cepat ketimbang bunga biasa.
 

Keuntungan Compound Interest.

Compound interest adalah sebuah keuntungan yang sayang untuk dilewatkan. Bunga majemuk bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang tanpa harus melakukan pekerjaan ekstra.

Lalu, uang yang Anda dapatkan bisa berlanjut memperoleh hasil lebih banyak lagi. Walaupun hanya menyimpan sedikit uang, bisa dilihat bagaimana tabungan tersebut berkembang.
 

Dimana Bisa Menabung atau Investasi dengan Prinsip Compound Interest?

Kalau sudah tahu seperti apa keuntungan dari menyimpan dana dari prinsip bunga majemuk, lalu tabungan atau investasi apa yang memberikan compound interest?

Salah satu instrumen simpanan dana dengan compound interest adalah deposito dan instrumen investasi lainnya. Bila ingin mulai memiliki deposito dan melipatgandakan uang Anda untuk masa depan, caranya sangat mudah, tinggal klik, pilih dan ajukan deposito di sini.
 

Keajaiban compound interest adalah dana pokok yang berlipat secara eksponensial.

Tingkat bunga berbunga alias bunga majemuk bertambah tergantung pada frekuensinya. Semakin tinggi jumlah periode, maka semakin besar bunga majemuk yang akan diperoleh.


Dengan demikian, jumlah bunga majemuk yang diperoleh dari Rp1 juta ditambah 10% per tahun akan lebih rendah dibandingkan bunga dari Rp1 juta yang dikomplekskan pada 5% setengah tahunan selama periode waktu yang sama.

Efek bunga atas bunga yang diperoleh dari compound interest adalah pengembalian yang semakin positif berdasarkan jumlah dana pokok awal. Karenanya seringkali efek bunga majemuk disebut juga sebagai “keajaiban bunga majemuk”.
 

Rumus untuk menghitung bunga majemuk adalah:

Bunga majemuk = total jumlah pokok dan bunga di masa depan (atau nilai di masa depan/Future Value) dikurangi jumlah Pokok saat ini (atau nilai sekarang/Present Value)

= [P (1 + i)n] – P

= P [(1 + i)n – 1]

(di mana compound interest adalah perhitungan dari P = Principal/Pokok, I = Nominal annual interest rate/nominal tingkat bunga tahunan dalam persentase, dan n = number of compounding periods/jumlah periode).