Meski Satu Pendiri, Ini Alasan Logo Mobil dan Motor Honda Berbeda

Logo Honda (Sumber: Unsplash)

Logo Honda (Sumber: Unsplash)


Sadar enggak sih kalau logo honda mobil dan motor berbeda? Logo honda di motor berbenduk sayap sedangkan logo honda di mobil hanya huruf ‘H’ saja. Kenapa ya?

Keduanya memang dari agen pemegang merek (APM) yang berbeda, untuk mobil yaitu PT. Honda Prospect Motor (HPM) dan motornya oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Tapi, bukan itu loh alasan kenapa logo nya berbeda. Ternyata menyangkut perbedaan logo tersebut ada kisah dibaliknya.

Awalnya, Soichiro Honda, pendiri Honda mendirikan pabrik motor pertamanya di Jepang pada tahun 1948 dengan nama Honda Motorcycle Company. Saat membuat pabrik motor pertamanya, Soichiro membuat logo honda yang terinspirasi dari Dewi Nike yang mempunyai sayap besar di punggungnya.

Dewi Nike adalah Dewi Kemenangan dan Keberhasilan (Victory) dalam mitologi Yunani Kuno. Ini yang menginspirasi Soichiro Honda yang bermimpi ingin produknya sukses.

Nah, Kemudian ranah produksi pun berkembang dengan menciptakan mobil. Pertama Honda memproduksi pikap mungil T360 pada 1963. Menariknya, logo mobil Honda berbeda jauh dengan sepeda motor. Logo yang terdapat di produk mobil hanya berbentuk huruf H. 


Ternyata, Alasan perbedaannya pun cukup simpel. Lantaran jika nantinya divisi produksi mobil yang dibentuk gagal, maka nantinya tidak akan berimbas ke sepeda motor. Sebab kendaraan roda dua Honda di masa awal produksi mobil Honda sedang naik daun.

Tapi kenyataannya, kedua produk mirip Honda tersebut sukses meraih pangsa pasar dan menyaingi Toyota serta Nissan yang sudah berdiri lebih dulu sejak zaman Perang Dunia di Jepang. 

Pemilihan huruf H pun ternyata juga simple lho. Sengaja dipilih sebab ingin terlihat bergaya seperti mobil Amerika. Karena kendaraan-kendaraan di sana sering pakai logo dengan memakai huruf saja.

Kini, terdapat 2 merk Honda ditujukan untuk produksi di bidang otomotif yaitu Honda Motorcycle untuk sepeda dan Honda Car untuk mobil. Honda Car menggunakan lambang huruf H sedangkan Honda motorcycle menggunakan lambang pelopor Honda, yaitu lambang sayap.

Baca Juga: Alasan Mobil Daihatsu dan Toyota Sering Banget Mirip