Berencana Libatkan Influencer & Content Creator, Snapchat Siap Bersaing sama Instagram Hingga TikTok?

Snapchat Berencana Libatkan Influencer dan Kreator Illustration Bisnis Muda - Canva

Snapchat Berencana Libatkan Influencer dan Kreator Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Sebelum popularitas Instagram dan TikTok, platform Snapchat lebih dulu mempopularitaskan fitur video singkat nih, Be-emers. Seiring dengan persaingan media sosial, Snapchat pun dikabarkan berencana melibatkan influencer dan content creator lho.

Snapchat memang sempat “menghilang” dan kehilangan popularitasnya di ranah media sosial. Forbes menyebutkan, banyak orang lebih memilih untuk beralih ke platform yang lebih mudah untuk menghasilkan uang, kayak Instagram, TikTok, hingga Youtube.

Baca Juga: Snapchat Akuisisi Perusahaan AR WaveOptics Senilai Rp 7,1 Triliun
 

Snapchat Punya Creator Marketplace

Melihat hal itu, CEO Snapchat Evan Spiegel mengatakan selama konferensi tahunan, pihaknya punya Creator Marketplace, yakni sebuah tempat di aplikasinya bagi para influencer dan merek untuk terhubung dan menjalin kemitraan.

Sebenarnya sih, TikTok sudah memulai hal serupa sejak satu tahun lalu. Sementara itu, Facebook sedang mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam fitur mereka.

Product Manager Snapchat Zach Lupei mengatakan, Snapchat menciptakan jalur bagi kreator untuk memulai dan membangun bisnis di platform Snapchat. Dengan Content Creator pula, Snapchat meluncurkan kemampuan untuk mengirim uang ke influencer, beserta tambahan fitur-fitur terbarunya.


Kalau kita ingat, Snapchat juga dominan untuk menjadi alat perpesanan. Namun, hal itu mulai bergeser beberapa tahun lalu dengan adanya penambahan halaman Discover yang berisi video dari akun selebriti terverifikasi.

Nah, dengan adanya rencana untuk mempopulerkan kreator dan influencer yang menggunakan aplikasinya, Snapchat rupanya juga menambahkan umpan Spotlight dan membayar sebanyak $ 1 juta sehari kepada pengguna yang mengunggah klip ke Spotlight lho!

Hal itu pun jadi semacam penghargaan dari Snapchat untuk video paling populer di platformnya.

Adapun, Forbes menyebutkan, Snapchat telah berhasil meningkatkan pemirsanya akhir-akhir ini lho! Bahkan, sekarang terdapat lebih dari 500 juta pengguna bulanan di Snapchat.

Kamu masih setia pakai Snapchat enggak nih? Atau mau coba untuk mencoba fitur-fitur terbaru Snapchat?