SPAC yang Didukung Miliarder Bill Ackman Akuisisi 10% Universal Music Group Senilai US$4 Miliar!

Universal Music Studio Diakuisisi Perusahaan Bill Ackman - Canva

Universal Music Studio Diakuisisi Perusahaan Bill Ackman - Canva

Like

Perusahaan SPAC yang didukung oleh miliarder Bill Ackman dikabarkan setuju untuk mengakuisisi 10 persen kepemilikan Universal Music Group nih, Be-emers. Aksi korporasi tersebut bernilai sekitar US$4 miliar.

Dilansir Bloomberg, Pershing Square Tontine Holdings Ltd. mengatakan transaksi itu akan menghargai rumah Taylor Swift, Drake dan Billie Eilish sebesar 35 miliar euro atau setara US$42 miliar, termasuk utang di dalamnya.

Meski telah mencapai kesepakatan, ternyata aksi tersebut sempat mendapat penolakan dari pemegang saham Vivendi dan kekecewaan dari investor Pershing Square Tontine lho!

Baca Juga: Berapa yang Didapatkan Industri Musik dari Spotify dan Youtube?

Perlu diketahui, SPAC (hak akuisisi tujuan khusus) biasanya mengejar merger dengan perusahaan yang dipegang erat.


Namun, setelah kesepakatan ini, Pershing Square Tontine akan tetap terdaftar dengan nilai sekitar US$1,5 miliar serta akses tambahan US$1,4 miliar dengan Pershing Square Funds.

Sementara itu, dikutip Bloomberg, pihak Pershing Square Tontine justru mengatakan kalau pihaknya bermaksud untuk mendistribusikan saham Universal Music kepada investornya setelah rencana Initial Public Offering (IPO) di Amsterdam akhir tahun ini. Selain itu, investor juga bakal dapat hak untuk mengakuisisi saham melalui SPAC.

Di satu sisi, kesepakatan tersebut akan meninggalkan Universal Music dengan basis investasi di seluruh AS, Eropa dan Asia.

Sebelumnya, di tahun 2019, sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Tencent Holdings Ltd. juga setuju untuk membeli 20 persen saham di Universal Music. Vivendi pun mengatakan, usai aksi tersebut, kedatangan investor besar Amerika memberikan bukti lebih lanjut tentang kesuksesan dan daya tarik global Universal Music Group.

Adapun, saat industri musik bangkit dari keterpurukan selama satu dekade, ternyata Vivendi diketahui telah menguangkan ledakan streaming musik berlangganan. Hal itu pun telah meningkatkan nilai katalog dan para musisi seperti Taylor Swift, Drake, U2, dan Post Malone.

Baca Juga: Dunia Bakal Hampa Gara-Gara Royalti Lagu? Ini Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu