Media Sosial Pinterest Melarang Semua Iklan Penurun Berat Badan, Ini Alasannya

Pinterest Larang Iklan Penurun Berat Badan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Pinterest Larang Iklan Penurun Berat Badan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Berbagai iklan sering muncul nih di kolom komentar konten media sosial, termasuk iklan penurun berat badan. Nah, tapi kali ini Pinterest mengambil langkah tegas dengan melarang semua iklan penurun berat badan di platformnya lho!

Dilaporkan NBC News, Pinterest melarang semua iklan dengan bahasa dan gambar penurun berat badan. pelarangan tersebut termasuk pada iklan yang mengidealkan atau merendahkan tipe tubuh tertentu.

Pinterest juga mengatakan enggak bakal mengizinkan iklan dengan testimoni tentang penurunan berat badan, produk penurun berat badan, iklan yang merujuk pada Body Mass Index (BMI), maupun indeks serupa.

Baca Juga: TikTok Bebankan Hingga $2 Juta per Hari untuk Spot Iklan Teratas
 

Pinterest Jadi yang Pertama Melarang Iklan Penurun Berat Badan

Dengan begitu, hal ini membuat Pinterest jadi satu-satunya platform utama yang melarang semua iklan penurun berat badan lho!

Sebenarnya sih, menurut keterangan dari blognya, sikap Pinterest merupakan perluasan dari kebijakan iklan yang telah lama melarang body shaming dan produk atau klaim penurun berat badan yang berbahaya.


Sementara itu, untuk iklan yang mempromosikan gaya hidup sehat, kebiasaan atau layanan dan produk kebugaran masih diizinkan di platform tersebut. Asalkan, enggak fokus pada penurunan berat badan.

Pinterest juga enggak sembarangan lho mengambil tindakan tersebut. Pihak Pinterest juga telah mengembangkan kebijakan dengan panduan dari Asosiasi Gangguan Makan Nasional nih, Be-emers.

Menurut Head of Policy Pinterest Sarah Bromma, dikutip NBC News, perubahan aturan ini memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan emosional serta mental pengguna Pinterest. Terutama sih, bagi mereka yang terkena dampak langsung oleh gangguan makan atau budaya diet, hingga body shaming.

Adapun, Pinterest sebenarnya telah lama bergulat dengan memerangi konten pro-eating disorder di situsnya dan memblokir pencarian semacam itu sejak 2015. Pinterest pun telah memiliki aturan berupa larangan iklan yang mempromosikan pil penurun berat badan atau berisi gambar sebelum dan sesudah penurunan berat badan.

Gimana, kamu termasuk yang risih enggak sih dengan iklan-iklan semacam itu?