Naga, Si Makhluk Mitologi yang Punya Banyak Fakta Unik!

Dragon Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Dragon Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Be-emers, pasti kamu udah nggak asing lagi dengan wujud makhluk mitologi yang satu ini. Yap, naga adalah makhluk sejenis reptil yang bisa terbang dengan sayapnya yang besar dan juga bisa menyemburkan api dari mulutnya, lho.

Cerita dari naga banyak dikenal di seluruh dunia Be-emers, mulai dari Amerika, Eropa, India, hingga China. Meskipun biasanya kita hanya melihat naga di buku, film, atau cerita lainnya, naga punya beberapa fakta unik, lho! Yuk kita bahas!
 

Naga Sejak Zaman Kuno

Sebenernya, naga itu beneran ada nggak sih? Nah, sampai saat ini, naga masih menjadi makhluk mitologi yang keberadaannya hanya dapat diketahui melalui cerita turun-temurun. 

Banyak orang juga yang percaya bahwa naga merupakan makhluk kuno yang kuat dan tangguh, yang selalu dikisahkan dari generasi ke generasi. Karena itulah, kepercayaan terhadap naga bisa dibilang cukup tinggi.
 

Naga Asia vs Naga Eropa

Tau nggak sih, konsep naga juga berbeda-beda lho, tergantung dari mana asal kisah yang diyakini. Perbedaan yang paling khas terlihat antara naga Asia yang berasal dari China dengan naga yang berasal dari Eropa.
 

Naga Asia Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Naga Asia Illustration Web Bisnis Muda - Google Images


Orang Asia, terutama China, menggambarkan naga sebagai makhluk yang memiliki badan ramping, panjang, tidak bersayap, dan suka bersembunyi di balik awan di langit yang sangat tinggi. Naga di Asia juga dianggap sebagai makhluk yang suci dan sakral, yang melambangkan kekuatan.
 

Naga Eropa Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Naga Eropa Illustration Web Bisnis Muda - Google Images



Di sisi lain, naga Eropa dikisahkan berwujud seperti monster dan biasa diburu oleh masyarakat kuno, lho! Beda dengan naga Asia, naga di Eropa memiliki badan yang lebih kekar dan memiliki sayap untuk terbang.

Naga dalam Kehidupan Sosial

Menurut China Daily, China menjadi negara yang erat dengan naga dan mengisahkan makhluk mitologi tersebut dalam kehidupan sosial mereka.

Hal tersebut terlihat dari sosok naga dalam shio, feng shui, karya seni, bahkan lukisan naga yang biasa dipajang oleh para bangsawan di kediamannya, yang melambangkan kebenaran, keberuntungan, kebaikan, kekuatan, dan kemakmuran. Simbol naga pada bangunan juga dianggap sebagai penjaga.

Sementara itu, shio naga merupakan salah satu dari 12 shio yang ada dalam penanggalan China. Menurut kepercayaannya, orang yang memiliki shio naga merupakan orang yang idealis, perfeksionis, merasa sempurna, agresif, dan juga penuh tekad.
 

Manusia Naga dari China

Nah, fakta unik terbaru tentang naga adalah tentang ditemukannya spesies baru manusia purba di China yang dinamakan Manusia Naga! Homo Longi, atau yang lebih eksis dengan nama Manusia Naga, merupakan kerabat terdekat manusia modern, yaitu Homo Sapiens.

Menurut The Independent, fosil dari Manusia Naga ini ditemukan tahun 1933 di Harbin, provinsi Heilongjiang, China. Namun, penelitian baru bisa menyimpulkan penemuannya akhir-akhir ini, Be-emers.
 

Homo Longi Manusia Naga Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Homo Longi Manusia Naga Illustration Web Bisnis Muda - Google Images


Fosil yang diperkirakan milik seorang pria berumur 50 tahunan itu berusia lebih dari 146.000 tahun. Menurut penelitian, Manusia Naga ini hidup di hutan dan membentuk sebuah komunitas kecil.

Kemungkinan, tubuh yang dimiliki oleh Manusia Naga berukuran sangat besar yang membantunya beradaptasi di lingkungan yang keras. Mereka memenuhi kebutuhan pangannya dengan berburu mamalia dan burung, mengumpulkan buah dan sayuran, dan menangkap ikan.
 

Tengkorak Homo Longi Manusia Naga Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Tengkorak Homo Longi Manusia Naga Illustration Web Bisnis Muda - Google Images


Tengkorak dari Manusia Naga ini juga menampung otak yang berukuran hampir mirip dengan otak manusia, lho! Karena adanya penemuan ini, evolusi manusia berpotensi untuk diubah nih.

Wah, kayaknya buku sejarah manusia akan makin panjang nih, Be-emers!