Sebenarnya, Bahasa Apa Sih yang Digunakan dalam Game The Sims?

The Sims Illustration Web Bisnis Muda - Microsoft

The Sims Illustration Web Bisnis Muda - Microsoft

Like

Be-emers, kalau kamu suka main game The Sims, kamu sadar nggak sih kalau game itu punya bahasanya sendiri? Nah, kalo iya, bahasa apa ya yang sebenarnya dipakai?

Jika kamu dengarkan, bahasa yang dipakai dalam percakapan pada game The Sims bisa dibilang aneh. Bahasa tersebut tidak berasal dari negara manapun, tidak menggunakan bahasa Inggris maupun Indonesia.
 

The Sims 4 Logo Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

The Sims 4 Logo Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Asal Muasal

Will Wright, yang merupakan kreator dari game The Sims, menceritakan asal bahasa yang digunakan dalam game ini. Hal itu diawali dari keinginan Will yang membuat game dengan dialog antar karakternya.

Namun, menurut Will, menggunakan bahasa sesuai dengan kehidupan sehari-hari di dunia nyata akan terkesan membosankan. Bahkan, bisa memakan biaya yang cukup besar lho untuk produksinya!

Nah, sang developer ini akhirnya membuat bahasa khusus untuk The Sims. Mereka membuat bahasa sendiri yang dinamakan dengan Simlish.

Beberapa “geek” dari game ini percaya bahwa bahasa Simlish yang dibawakan oleh karakter game-nya merupakan campuran beberapa bahasa, seperti Ukraina, Navajo, Romania, Irish, dan bahkan Tagalog.


Namun, asumsi tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak The Sims dengan jelas.
 

Simlish

Bahasa Simlish pertama kali digunakan pada versi SimCopter di tahun 1996. Setelah dirasa berhasil, barulah Simlish digunakan untuk versi lainnya dari game The Sims.

Kerennya, bahasa Simlish ini membuat Steve Schnur selaku Direktur Musik EA (Electronic Arts) terinspirasi untuk bekerja sama dengan beberapa musisi populer!

Steve membuat lagu dari para penyanyi tersebut dinyanyikan ulang dalam bahasa Simlish, yang diluncurkan pada seri-seri tertentu. Nah, beberapa penyanyi tersebut adalah Nelly Furtado, Lady Antebellum, My Chemical Romance, dan juga Katy Perry, lho!

Salah satu lagu yang rilis dengan bahasa Simlish adalah lagu dari Katy Perry yang berjudul ‘Last Friday Night’. Lagu tersebut ada dalam seri Showtime, yang rilis pada 2012 lalu dan merupakan kerja sama antara EA dengan Katy Perry.

Kalo kamu suka nggak sih, nebak-nebak arti dari bahasa yang ada di The Sims?

Dag Dag, Be-emers! (re: Bye Bye, Be-emers!)