Virgin Galactic Akhirnya Terbangkan Miliarder Richard Branson ke Luar Angkasa!

Branson ke Luar Angkasa Illustration Bisnis Muda - Image: Flickr

Branson ke Luar Angkasa Illustration Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Dilansir Space.com, Branson dan kru Unity 22 lainnya berangkat dari Spaceport America dekat Truth or Consequences, New Mexico dengan kendaraan VSS Unity SpaceShipTwo milik Virgin Galactic. Keberangkatan Branson ke luar angkasa disiarkan secara langsung di Twitter dan Website Virgin Galactic serta Space.com.

Penerbangan yang dilakukan pada Minggu (11/7) tersebut berlangsung sekitar 90 menit dengan fase “tanpa bobot”. Jadi, saat kapal mencapai puncak jalur suborbitalnya, hal itu akan berlangsung sekitar empat menit.

Space.com menyebutkan, miliarder berusia 70 tahun itu terbang bersama Chief Astronaut Instructor Virgin Galactic Beth Moses, Virgin Galactic Lead Operations Engineer Colin Bennett, Vice President of Government Affairs and Research Operation Virgin Galactic Sirisha Bandla.

Baca Juga: Richard Branson Berniat ke Luar Angkasa Duluan Sebelum Jeff Bezos
 

Apakah Branson Bersaing dengan Bezos?

Menurut rencana, Branson diperkirakan akan mencapai penerbangan luar angkasa hanya sembilan hari sebelum perusahaan lain, Blue Origin, mencatat pencapaian serupa dengan kendaraan suborbital New Shepard-nya.

Seperti yang kita ketahui, Blue Origin berharap untuk mengirim bosnya, Jeff Bezos, ke luar angkasa pada 20 Juli 2021. Nah, menariknya nih, penerbangan Bezos akan berbarengan dengan peringatan ke-52 pendaratan pertama di bulan, yaitu Apollo 11, pada tahun 1969.


Sementara itu, ternyata Branson pernah mengatakan bahwa dia terinspirasi untuk pergi ke luar angkasa sebagai seorang pemuda setelah menonton misi para penjelajah bulan. Makanya, Branson membantah bahwa dia dan Bezos bersaing untuk mendapatkan ruang pertama di penerbangan komersial luar angkasa.

Sebenarnya, Virgin Galactic telah bertujuan untuk membawa wisatawan ke luar angkasa sejak didirikan pada tahun 2004. Sementara Blue Origin telah mencoba hal yang sama setelah didirikan empat tahun sebelumnya.

Dari segi harga, diketahui Virgin Galactic memasang tarif US$250.000, dan lebih dari 700 orang telah memberikan deposit. Namun, Blue Origin belum merilis harga per kursinya, meskipun sejauh ini sudah ada pemenang lelang anonim yang membayar US$28 juta untuk terbang ke luar angkasa bersama Jeff Bezos.

Dari data Space.com, melalui penerbangan SpaceShipOne, Virgin Galactic berhasil memenangkan Ansari X Prize senilai US$10 juta untuk penerbangan berulang dalam pesawat ruang angkasa yang dikembangkan secara pribadi dan dapat digunakan kembali lho! 

Adapun, penerbangan Unity 22 yang membawa Richard Branson ini menjadi penerbangan luar angkasa berawak keempat Virgin Galactic. Sementara itu, penerbangan luar angkasa yang membawa Jeff Bezos bakal jadi yang pertama Blue Origin.

Mau ikut ke luar angkasa juga enggak sama para miliarder?

Baca Juga: 
Deretan Percobaan Unik yang Dilakukan di Luar Angkasa!