PMI Gandeng Blue Bird untuk Layanan Donor Plasma Konvalesen

Plasma Konvalesen Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Plasma Konvalesen Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini, publik memerlukan banyak hal positif guna memperkuat psikis serta mental. Sedikit contoh hal positif ialah dengan pemberitaan terkait pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19.

Menurut data Kementrian Kesehatan pada Kamis, (15/07/2021) kasus Covid-19 di Indonesia menorehkan angka kesembuhan hingga sebesar 19.049 orang.

Di sisi lain, seperti diketahui, pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 memiliki Plasma Konvalesen. Plasma konvalesen ini dipercaya dapat menjadi terapi pendamping sekaligus antibodi sehingga dirasa mampu sembuh lebih cepat.

Praktik plasma darah ini bukan hal baru dan sudah pernah dilakukan untuk pada saat wabah penyakit flu babi, Ebola, hingga MERS. Namun, Kementerian Kesehatan menyebutkan dalam laman resminya, terapi Plasma Konvalesen pada Covid-19 hingga kini hanya boleh digunakan untuk kodisi kedaruratan dan dalam penelitian.

Berdasarkan hal itu, tepat pada Hari Senin, (12/07/21) PMI (Palang Merah Indonesia) diketahui menjalin kerja sama dengan penyedia jasa transportasi Blue Bird.


Bentuk kegiatan yang dijalin ialah dengan menyediakan layanan antar jemput kepada penyintas Covid-19 yang bersedia untuk ikut berpartisipasi dalam mendonorkan Plasma Konvalesen ke PMI (Palang Merah Indonesia) secara tidak berbayar dengan Blue Bird.

Kegiatan ini dilakukan karena beberapa pekan terakhir kebutuhan Plasma Konvalesen terus meningkat. Seperti yang diungkapkan oleh Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI menjelaskan bahwa mampu mengolah 800-an kantong darah dalam sehari dari 42 fasilitas pengolahan Plasma Konvalesen. Sedangkan, kapasitas pengolahan tersebut belum diimbangi dengan jumlah donor plasma.

Sedangkan dari Pihak Blue Bird lewat Sigit Djokosoetono selaku Direktur menyebutkan pelayanan Blue Bird didukung dengan standar operasional kesehatan yang ketat. Seperti pembersihan armada secara menyeluruh menggunakan cairan desinfektan saat sebelum maupun sesudah beroperasi dan tingkat vaksinasi 100% kepada pengemudi.

Dengan begitu, lewat kegiatan yang bersifat “jemput – bola” ini besar harapan PMI (Palang Merah Indonesia) dibantu dengan Blue Bird mampu bersinergi di dalam pendistribusian Plasma Konvalesen.

Baca Juga: Ramai Donor Plasma Konvalesen Pasien Covid-19, Cek Faktanya di Sini Yuk!