Ladang Cuan Baru 9GAG: Museum Meme dan NFT

Meme 9GAG di NFT dan Museum Illustration Bisnis Muda - Image: Twitter 9GAG

Meme 9GAG di NFT dan Museum Illustration Bisnis Muda - Image: Twitter 9GAG

Like

Siapa yang mengikuti 9GAG di media sosial? Kini, platform hiburan yang sudah mendunia itu dikabarkan meluncurkan museum meme pertama di dunia dan melirik peluang dari NFT lho!

Melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene, Richard Dawkins pertama kali memperkenalkan istilah “meme”. Istilah “meme” pun dipakai Richard untuk mendefinisikan kebudayaan merupakan bentuk dari banyak replikator.

Lebih dari sekedar lelucon, meme sebenarnya merupakan sebuah gambaran gagasan, ide, kebiasaan, suasana hati, hingga teori yang ingin diungkapkan oleh manusia lho! Makanya, sebuah meme bisa langsung terkenal dan mudah diingat oleh publik karena adanya hal penting lain yang ditemukan selain hiburan di dalamnya.

Bahkan, menurut Limor Shifman dalam bukunya Memes in Digital Culture menyebutkan kalau meme yang ada di internet sebagai sebuah item-item digital dengan kesamaan karakteristik, bentuk, dan pendirian yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain.

Layaknya sebuah karya, meme pun bisa menjadi wadah untuk meluapkan emosi, apresiasi, dan respon terhadap suatu hal. Enggak heran, sejumlah meme terkenal di dunia memiliki banyak penggemar.


Bahkan, kini banyak pihak yang tertarik untuk menjual dan membeli meme. Salah satunya yakni melalui Non Fungible Token (NFT).

Sejumlah meme terkenal seperti Nyan Cat, hingga Disaster Girl diketahui laku dijual dengan harga mencapai ratusan ribu dollar Amerika lho!

Baca Juga: Deretan Meme Terkenal yang Dijual Mahal dan Sukses Lewat NFT

Nah, sebagai platform hiburan yang terkenal postingan meme, 9GAG pun mulai menunjukkan keseriusannya nih terhadap meme. Keseriusan itu pun dibuktikan dengan mendirikan museum meme pertama di dunia dan masuknya 9GAG ke dalam NFT!

 

Museum Meme Pertama di Dunia ala 9GAG

Diketahui dari Instagram K11 Art Mall, pihaknya kini telah bekerja sama dengan 9GAG dalam rangka peluncuran pameran terbarunya nih. Menariknya, proyek kolaborasi tersebut menampilkan meme sebagai objek pameran lho.

Proyek “Meme Museum” tersebut, dilansir dari hk.asialater, bakal menyajikan pameran berupa meme dalam bentuk fisik pertama di dunia! Berbasis di Hong Kong, Meme Museum ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman baru bagi pengunjung yang ingin menikmati komedi-komedi berkesan dari 100 meme terkenal dan sudah mendunia.

Baca Juga: Ini Cara Menjual Karya Seni Lewat NFT

Museum meme ini diketahui punya banyak zona dengan berbagai tema lho. Tema-tema yang dipamerkan antara lain Wojak Feels Guy, Success Kid, Distracted Boyfriend, Troll Face, Disaster Girl, dan Doge.

Selain itu, ada juga zona retrospektif kayak In the Meme-time, Meme-go-round, Meme Me, dan Memeingful Tattoo Station. Bahkan, di sana, pengunjung juga bisa membeli merchandise eksklusif dan merasakan pengalaman peluncuran karya seni NFT meme pertama di dunia, yakni In Meme We Love.

 

In Meme We Love sebagai Karya Meme Pertama 9GAG di NFT - Image: Foundation app

In Meme We Love sebagai Karya Meme Pertama 9GAG di NFT - Image: Foundation app


 

Meme Pertama 9GAG di NFT

“In Meme We Love” merupakan karya 9GAG dan K11 Art Mall berupa kolase dari 100 meme lebih yang mengesankan dan pernah viral di masanya. Kolase meme karya 9GAG itu dikabarkan mulai dilelang pada pertengahan Juli 2021.

Dalam laman resmi 9GAG, disebutkan bahwa karya asli mereka “In Meme We Love” sudah terdaftar di NFT dan siap untuk diakuisisi oleh siapapun yang tertarik untuk membelinya nih.

Dilansir dari Foundation.app, edisi pertama meme berukuran 4.000x3.763 pixels itu sudah laku terjual sebesar 9 ETH atau setara US$18.315,63 lho! Token dengan username @bobthenailer lah yang berhasil mengakuisisi meme pertama 9GAG itu di NFT nih, Be-emers.

Meski sekarang karya meme pertama 9GAG di NFT sudah laku, hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari 9GAG kalau anaknya akan kembali menjual kreasi meme lainnya lewat NFT nih.

Wah, meme paling berkesan apa yang pernah kalian lihat di platform 9GAG?