Haram! Jangan Lakukan Hal Ini Agar Bisnismu Tidak Di-Ghosting Pelanggan

Hati-hati! Jangan lakukan ini! (Sumber gambar: Liputan6.com))

Hati-hati! Jangan lakukan ini! (Sumber gambar: Liputan6.com))

Like

Memberikan sebuah kepuasan bagi pelanggan adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak para penjual yang berlomba-lomba untuk memberikan kepuasan bagi pelanggannya. 

Tujuannya, tidak lain untuk membuat pelanggan tetap loyal dan tidak kecewa. Dilansir dari berita akurat.co, beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan ialah mulai dari kualitas produk, pelayanannya hingga ke harganya yang dianggap pas dikantong pelanggan.

Bila salah satu saja faktor tersebut tidak ada, tentu akan membuat konsumen atau pelanggan berpikir 2x untuk membeli barang dagangan kita. Tentunya, hal ini bisa membuat kita kehilangan pelanggan.

Bayangkan saja jika kita memberikan pelayanan yang tidak ramah, tentu akan membuat pelanggan/konsumen tidak nyaman berkomunikasi dengan kita.

Belajar dari kasus atau persoalan tersebut, penting untuk mengetahui beberapa hal berikut agar tidak kehilangan pelanggan:
 

1. Respon Penjual yang Lambat

Komunikasi yang baik dengan pelanggan itu sangat penting. Karena bagaimana pun kondisi pelanggan atau pembeli, mereka tetap sebagai raja yang harus kita layani dengan baik.


Apabila penjualan dilakukan secara online sekali pun, diharapkan admin untuk tidak slow respon, karena hal ini dapat membuat konsumen atau pelanggan menjadi tidak tertarik untuk berbelanja ke toko kita.
 

2. Penawaran Harga yang Tidak Sesuai

Pelanggan yang membeli produk kita tentu berdasarkan beberapa pertimbangan seperti bahan pada pakaian, kira-kira sesuai tidak dengan harga yang ditawarkan oleh penjual?

Nah, jadi sebagai penjual jangan sampai memberikan penawaran harga yang tidak sesuai dengan kualitas barang, karena hal tersebut bisa menyebabkan kehilangan pelanggan.
 

3. Kualitas Produk yang Buruk

Sebagai penjual yang baik, memperhatikan kualitas barang atau produk untuk dijual adalah hal yang sangat penting. Ketika pelanggan puas dengan produk kita, tentu pelanggan akan loyal dan mau membeli kembali produk kita.
 

4. Proses Belanja Tidak Efisien

Di era digital yang serba instan ini tentu membuat pembeli untuk bertransaksi dengan mudah dan cepat tanpa ribet. Jika sebagai penjual tidak dapat memberikan fasilitas pemrosesan belanja yang akurat dan terpercaya, tentu akan membuat pelanggan tidak ingin membeli produk kita.

Oleh sebab itu,  jangan sampai Anda sebagai penjual menciptakan proses belanja yang tidak efisien.
 

5. Tidak Ada Inovasi Terbarukan

Persaingan yang begitu ketat, Anda harus menciptakan sebuah inovasi terbarukan sehingga mampu menarik minat pelanggan. Tanpa adanya inovasi yang terbarukan, akan membuat konsumen atau pelanggan perlahan-lahan mulai menghilang karena menganggap usaha Anda tidak berkembang dan ketinggalan zaman. 

Selain itu, selain menghasilkan inovasi untuk produk Anda, memberikan inovasi pada jasa pelayanan Anda terhadap pembeli juga dapat mempengaruhi minat konsumen untuk tetap menjadi pelanggan setia.

Semoga bermanfaat :)