Jangan Beli Doang, Ini Tempat Penyimpanan Emas yang Aman

Box Illustration - Canva

Box Illustration - Canva

Like

Meskipun harga emas kadang naik, kadang turun, namun aset safe haven ini cenderung bakal naik dari masa ke masa. Soalnya, emas selalu diburu, baik ketika keadaan ekonomi lagi enggak stabil maupun untuk kebutuhan finansial semata.

Makanya, biarpun bentuknya enggak sebesar minibus, namun nilainya sangat jauh lebih berharga. Untuk itu, kamu juga butuh tempat penyimpanan yang aman buat emas.

Selain buat meminimalisir risiko kehilangan, tempat penyimpanan yang aman juga bakal melindungi emas koleksi kamu dari kerusakan. Sebaiknya disimpan dimana sih?
 

Brankas/Safe Deposit Box

Di abad ke-13 SM, makam Firaun yang berupa peti kayu, dipasang pengaman yang mirip dengan pin tumbler lock. Hingga di abad ke-19, teknisi asal Inggris bernama William Marr, mempresentasikan sebuah kotak atau lemari besi pengaman, yang kini dikenal sebagai brankas.

Berasal dari Bahasa Belanda, Branden, brankas memang diciptakan untuk memudahkan manusia dalam menyimpan barang-barang berharga. Salah satunya, kamu bisa menyimpan emas di sini.

Kamu harus menyetel dulu kunci pengaman dari brankas tersebut. Pastikan cuma kamu yang tau kodenya. Layaknya pin ATM, ini sangat rahasia. Jadi, kamu juga jangan sampai lupa ya sama kode pengaman brankasnya!


Namun daripada beli brankas pribadi yang harganya cenderung mahal, kamu juga bisa nih memanfaatkan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang ada di bank atau PT Aneka Tambang Tbk buat menyimpan emas. Eh tapi, ini enggak gratis!

Kalau dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), SDB merupakan jasa penyewaan harta atau surat-surat berharga yang dirancang khusus dari bahan baja. Enggak cuma itu, harta yang kamu simpan itu akan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh dan tahan api. Pokoknya aman deh!
 

Titip di Pegadaian

Selain bisa beli emas batangan, kamu juga bisa menitip barang berharga kayak emas, berlian, surat berharga, dan sebagainya di Pegadaian. Sejenis dengan SDB, kamu juga mesti bayar sewa kalau mau titip di Pegadaian.

Namun, tenang, Pegadaian mengklaim lewat laman website-nya, kalau biaya penyewaan jasa titip di Pegadaian ini lebih terjangkau. Selain itu, prosesnya juga enggak ribet. Kamu cukup datang dengan bawa emas milikmu ke outlet Pegadaian, terus isi deh formulirnya.
 

Konversi ke Emas Digital

Di zaman yang serba canggih, enggak menutup kemungkinan untuk beli emas dalam bentuk digital. Jadi, kamu cukup beli di sejumlah platform online yang menyediakan jasa jual-beli emas.

Emas jenis ini cocok banget buat kamu yang sangat mobile. Enggak cuma gambang dibeli, emas dalam bentuk digital juga mudah buat ditarik atau dijual kembali. Selain itu, kamu juga enggak perlu ribet buat beli brankas yang mahal itu .