Usia 50 Tahun Wajib Mengkonsumsi Makanan Ini!

Makanan 4 sehat 5 sempurna (Sumber gambar: pixabay.com)

Makanan 4 sehat 5 sempurna (Sumber gambar: pixabay.com)

Like

Menjaga sistem kekebalan tubuh memang bukanlah perkara yang mudah. Tentu membutuhkan sejumlah nutrisi yang mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Sebagaimana yang dilansir oleh Republika.co.id, bahwa seiring bertambahnya umur, metabolisme dalam tubuh akan semakin melambat. Tentu membuat energi dalam tubuh juga akan berkurang, dan tingkat keaktifan cenderung menurun. Hal itulah yang dapat memicu risiko terkena penyakit bagi orang-orang yang lanjut usia. 

Oleh sebab itu, penting untuk tetap fokus pada kualitas diet atau menjaga keseimbangan pola makan dengan memilih makanan yang terbaik setiap harinya.

Dikutip dari Eat This pada Rabu (28/7), beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat memberi sistem kekebalan tubuh hingga membuat tulang dan otot menjadi kuat bagi mereka yang telah berusia lanjut.

Sebagaimana menurut pendapat para ahli terdapat sejumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang berusia 50 tahun setiap harinya sebagai berikut:


1. Produk Susu (Dairy Foods

Produk susu atau biasa dikenal dengan sebutan diary foods dinilai sangat penting untuk dikonsumsi sejak usia masih muda. Tak jarang, kenyataannya masih banyak orang-orang paruh baya yang mengabaikannya karena dianggap tidak penting dan tak lagi berpengaruh. 

Hal ini salah besar!

Sebagaimana menurut ahli gizi Amy Goodson, susu merupakan jenis minuman yang tetap dikonsumsi hingga usia tua guna menjaga kepadatan tulang dan mineral.

Bahkan Goodson merekomendasikan untuk mengkonsumsi tiga produk susu setiap harinya. 

Seperti membuat smoothie dengan susu, menambahkan atau menjadikan keju sebagai toping salad atau makanan lain, dan menikmati yoghurt sebagai cemilan. Itulah cara menikmati tiga porsi produk susu. Dengan begitu kita tidak akan merasa bosan dengan mengkonsumsi susu setiap harinya.

2. Protein Tinggi 

Seiring bertambahnya usia, tentu masing-masing individu akan akan kehilangan sekitar dua Hingg tiga persen massa otot dalam satu dekadenya. Hal ini menyebabkan kekuatan dan stabilitas inti menjadi berkurang. 

Untuk menjaga otot agar tetap kuat selain mengkonsumsi susu, protein berkualitas tinggi juga perlu dikonsumsi setiap harinya. Seperti telur, daging sapi tanpa lemak, ikan, biji-bijian dan kacang.

Jika sampai kekurangan mengkonsumsi protein serta aktivitas fisik yang tidak terjaga, akan dapat menyebabkan kondisi pengecilan pada otot seiring bertambahnya usia atau biasa disebut sarcopenia.

3.?? Oat 

Jenis makanan ini juga tidak sedikit orang yang mengabaikan akan kaya kandungan karbohidrat nya. Obat atau serelia merupakan sumber karbohidrat yang mengandung serat larut.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 30 gram serat setiap harinya karena sangat baik untuk tubuh. Selain itu, oat juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga tetap terjaga stabil dan membuat kenyang lebih lama. Tentu, ini juga menjadi cemilan yang tepat untuk Anda.

4. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran setiap hari juga baik untuk menjaga kekuatan pada tulang. Seperti bayam, kangkung, selada merupakan sayuran yang dapat membantu mencegah penurunan kognitif seiring dengan bertambahnya usia. 

Hal ini dikarenakan sayuran tersebut mengandung antioksidan seperti vitamin C dan A yang dapat membantu menunda penuaan kinerja pada otak. Mengkonsumsi sayuran setiap hari juga dapat menjaga kemampuan mental tetap tajam.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan kandungannya yang baik dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sejak usia muda hingga usia lanjut.

Baca Juga: Gawat! Masyarakat Indonesia Masih Jauh di Bawah Rekomendasi WHO dalam Mengkonsumsi Buah