Samsung Bakal Dominasi Pasar Flip Smartphone

Samsung Flip Smartphone Illustration Web Bisnis Muda - Bisnis.com

Samsung Flip Smartphone Illustration Web Bisnis Muda - Bisnis.com

Like

Pasar ponsel lipat tahun ini diperkirakan akan didominasi oleh Samsung Electronics Co. sebesar 88%.

Pasar ponsel layar yang diprediksi Counterpoint Research akan meningkat secara global sebanyak tiga kali lipat dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai 9 juta unit pada 2021 dan 88% di antaranya akan dikuasai Samsung.

Perwakilan Counterpoint Research mengatakan bahwa mereka telah memperkirakan pengiriman smartphone lipat Samsung akan tumbuh secara signifikan pada 2021, yang disebabkan oleh peningkatan desain dan hardware, serta harga yang kompetitif.

Baca Juga: Di Tengah Kelangkaan Chip, Samsung Perkirakan Kenaikan Profit Sebesar 53%

Counterpoint Research juga memperkirakan bahwa pada 2023 pasar smartphone lipat di seluruh dunia akan naik menjadi 10 kali lebih besar dari tahun lalu. Bahkan, jika lebih banyak perusahaan besar memasuki pasar seperti Apple, Samsung diperkirakan masih akan mempertahankan status dominannya dengan pangsa pasar sebesar 75 persen.


Saat ini, Samsung juga sudah menjadwalkan perilisan smartphone barunya. Yaitu Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Fold 3. Samsung percaya smartphone lipat yang akan datang tersebut memiliki kemampuan multitasking  yang luar biasa.

Park Jin-suk selaku senior di Strategi analisis mengatakan bahwa Samsung kemungkinan akan menargetkan pelanggan yang lebih muda dengan adanya penurunan harga yang signifikan  serta desain dan penampilan yang lebih menarik pada smartphone Flip baru mereka.

Baca Juga: Samsung Dibayangi Tagihan Pajak US$10 Miliar Lebih, Apa yang Dilakukan Keluarga Lee?

Park mengatakan perusahaan akan menargetkan pasar China dalam rencananya untuk membuat ponsel lipat sebagai produksi utama.

Counterpoint Research mengatakan khusus untuk pasar AS, smartphone lipat Samsung harus diluncurkan dengan harga yang lebih murah untuk menarik konsumen. Smartphone lipat Samsung yang lebih terjangkau akan menarik perhatian bagi sebagian penggunanya, terutama pengguna smartphone model Note atau seri S.

Baca Juga: Blackberry, Nokia, Motorola Comeback di 2021! Mana yang Bakal Mengulang Kejayaannya?