Shanghai Resmi Memiliki Museum Astronomi Termegah di Dunia!

Shanghai Astronomy Museum Illustration Web Bisnis Muda - Image: Laman Resmi Ennead Architects

Shanghai Astronomy Museum Illustration Web Bisnis Muda - Image: Laman Resmi Ennead Architects

Like

Berbicara tentang astronomi, mungkin yang sangat menempel diingatan adalah Planetarium di Jakarta. Terletak di Jalan Cikini No. 73 Jakarta Pusat, gedung planetarium atau bisa juga menjadi destinasi wisata ini memiliki nilai lebih yang sangat menarik.

Tak hanya dari aspek edukasi, karena destinasi wisata planetarium atau museum astronomi sangat terbilang jarang. Di Indonesia sendiri hanya ada tiga museum astronomi atau planetarium yaitu di Jakarta, Kalimantan Timur, dan Surabaya saja.

Akan tetapi, ada kabar baik lho soal museum astronomi yang baru saja diresmikan. Tepat pada Jumat (16/07/2021), Museum Astronomi terbesar sekaligus termegah didunia telah berhasil didirikan dan dibuka untuk umum di Shanghai, China.

Diketahui, kenapa museum tersebut bisa dikategorikan sebagai museum astronomi terbesar dan termegah didunia, yaitu karena luas dari bangunannya sendiri sekitar 420.000 sq ft atau sekitar 390.000 meter persegi.

Shanghai Astronomy Museum ini merupakan bagian dari mega proyek yang diciptakan oleh Ennead Architects yaitu Perusahaan Arsitektur asal Amerika Serikat.


Bangunan yang dibuat oleh Ennead Architects ini pun terbilang sangatlah futuristik layaknya gambaran kehidupan di masa depan dengan sajian serupa geometri kosmos yang merepresentasikan tiga entitas dari planet, bulan, dan bintang.

Tak hanya dari aspek bangunan yang sangat menarik, akan tetapi isi dari bangunannya pun tak kalah menarik.

Isi dari bangunan Shanghai Astronomy Museum ini sangatlah beragam. Mulai dari ruang pameran, planetarium, observatorium dan teleskop surya.

Dengan begitu, besar harapan semoga Shanghai Astronomy Museum yang mana juga bagian dari Shanghai Science and Technology Museum mampu memberikan destinasi wisata yang edukatif untuk bidang astronomi sehingga selain pengunjung mendapatkan kesan yang tak akan terlupakan juga dapat mendapatkan wawasan akan bidang astronomi.