Kamu Susah Ngatur Duit? Coba Cara Ampuh dengan Investasi!

Cara ampuh investasi buat kalian yang susah buat ngatur duit (Sumber gambar: cekaja.com)

Cara ampuh investasi buat kalian yang susah buat ngatur duit (Sumber gambar: cekaja.com)

Like

Di masa pandemi ini tentu banyak pengeluaran dan sedikitnya pemasukan. Tetapi, tetap boros keuangan. Jadi, gimana dong? 

Oke, coba cara ini. Dikutip dari laman Instagram @putrainvestorschool, berikut beberapa cara ampuh berinvestasi buat kalian yang susah banget atur keuangan.

1. Membuat Alokasi Budget Kebutuhan di Awal Bulan 
Langkah awal yang kita lakukan adalah membuat list setiap pengeluaran wajib di bulan tersebut, seperti membayar zakat, tagihan listrik, air, pulsa, cicilan, internet hingga transportasi.

Setelah itu, lanjut membuat list kebutuhan yang harus dianggarkan pada bulan ini. Misalnya kebutuhan seperti belanja bulanan, skincare yang habis sampai budget untuk amplop teman yang nikah. Hal-hal kecil itu harus tetap dicatat.

Cara agar kita tahu jumlah pengeluaran setiap bulannya adalah dengan mencatat. Dengan begitu, kita akan tahu uang kita untuk pengeluaran apa saja. Apakah dirasa penting, atau justruk sebaliknya.


Jika kita sesering mungkin untuk membuat anggaran pengeluaran, kemungkinan nggak sih kalau bakal ada uang lebih? Kan lumayan tuh!

Tahan Untuk Belanja Ini Itu!

Ya, meskipun pada kenyataannya itu yang lebih susah, justru itu yang harus kita kendalikan. So, buat kalian yang kebiasaan belanja atau jajan, pasti akan agak susah untuk menghilangkan semua hasrat keinginan untuk beli ini itu. Jadi gimana? 

Caranya, kalian harus membuat list budget khusus untuk memenuhi keinginan kalian. Usahakan jangan lebih besar dari kebutuhan ya.


2. Bagi antara Budget Keinginan dan Investasi 
Misal dari yang awalnya, uang Rp2,4 juta habis hanya untuk belanja dan jajan, coba bikin anggaran 50:50 buat investasi dan belanja. Atau jikalau merasa belum mampu dan sanggup, boleh dicoba 70:30 ataupun 80:20. 

Dan yang terpenting jika akan melakukan investasi, segera mungkin uang investasi di transfer ke nomor rekening investasi misal ke RDN bagi yang sudah memulai investasi saham.

Untuk memulai diri kita agar terbiasa berinvestasi, adalah dengan membuat diri kita konsisten dan tidak terpaku dengan nominal. 

Kedisiplinan untuk mengeluarkan budget yanv sudah ditetapkan akan membuat investasi kita sukses.


3. Pikirkan Dulu Sebelum Membeli 
Terkadang nafsu atas hasrat/keinginan tidak dapat mengontrol diri kita untuk berpikir 2x lebih matang dalam mengambil keputusan. 

Maka hal ini sangatlah penting agar apa yang kita beli tidak membuat sebuah penyesalan pada diri kita setelahnya. 

Coba pikirkan! 

Sudah berapa kali kalian membeli barang tanpa memikirkannya terlebih dahulu, alhasil pun kalian menyesal karena telah membelinya. 

Nah, prinsip ini perlu ditanamkan dalam diri kita mulai dari sekarang.
 

Tips supaya kalian lebih bijak dalam membeli barang sebelum menyesal! 

Pertama, pikirkan kurang lebih dalam waktu seminggu. Apakah kalian benar-benar butuh barang itu atau tidak. Atau hanya sekedar keinginan saja yang terlihat dibutuhkan? Coba pikirkan! 

Kedua, lakukan riset. Ketiga, apakah kita benar-benar harus membelinya? Atau cukup pinjam dengan teman saja bisa. 

Keempat, siapkan budget terlebih dahulu. Jangan sampai kita rela minjam uang orang lain atau memakai uang kebutuhan hanya untuk memenuhi keinginan yang sebenarnya bisa untuk dikabulkan. 

Berpikir secara matang sangatlah penting. Meski itu harus membutuhkan waktu yang lama sekalipun. 

Baca Juga: Tetap Cuan meski Duit Terbatas, Ini Cara Mencicil Investasi 

Setidaknya dengan begitu, penyesalan tidak akan menghampiri kita.