Budikdamber! Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Ember

Budidaya Ikan Lele dalam Ember (Sumber Gambar: trikmerawat.com)

Budidaya Ikan Lele dalam Ember (Sumber Gambar: trikmerawat.com)

Like

Budikdamber merupakan suatu solusi yang tepat untuk bagi pemula yang ingin belajar berternak lele, selain cara pembuatan yang cukup mudah, budikdamber juga membutuhkan biaya cukup murah dibandingkan bagi pemula ingin berternak lele menggunakan kolam terpal langsung.

Selain itu budikdamber tidak perlu menggunakan lahan yang sangat luas, jadi bisa digunakan di halaman rumah yang kecil.

Pada saat masa pandemi seperti ini, selain menjaga jarak kita juga harus meningkatkan produktivitas dan kreativitas dalam menunjang kebutuhan ekonomi khususnya melalui budikdamber ini.

Cara pembuatan budikdamber ini kita harus menyiapkan ember, cup gelas, kawat besi, solder dan arang.

Langkah pertama kita bolongin cup gelas menggunakan solder, beberapa titik di bawah cup dan di samping, ini bertujuan ketika arang dimasukin ke dalam gelas ada rongga air buat masuk sebagai nutrisi bagi tumbuhan yang akan di budidaya di gelas cup tersebut.


Kemudian ukur kawat secukupnya untuk melekatkan gelas ke ember supaya gelas bisa nempel agar tidak jatuh.

Langkah yang selanjutnya adalah memasukkan arang kedalam gelas cup, jangan lupa bolongin ember di samping di dekat pertengahan gelas secukupnya. Ini bertujuan supaya ketika hujan, ikan tidak meloncat karna airnya kepenuhan, jadi air tetep masih di batas maksimal agar ikan tidak meloncat keluar.

Setelah pembuatan budikdamber selesai, masukkan air sampai batas maksimal air itu penuh, lalu masukkan bibit tanaman kedalam gelas cup. Biasanya tanaman yang dipakai kangkung, sawi, dan tanaman air lainya.

Setelah itu masukkan bibit ikan kedalam ember, bibit yang sering dipakai bisa ikan lele, nila, patin dan ikan konsumsi lain nya.

Tunggu 2-3 Minggu sebelum kita panen ikan kita juga udah bisa panen tumbuhan nya duluan.

Jadi bagaimana teman-teman yang lain, yokk kita coba tunggu apalagi, selain bisa untuk dijual dan dimakan budikdamber juga bisa menghilangkan stres ketika kita memberi makan ikan, dimana ikan nya lahap-lahap makan itu menjadi hobby tersendiri untuk membuat kita tersenyum :)