Tips Mudah Menulis Personal Essay

Writing Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Writing Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Banyak perguruan tinggi, terutama yang berada di luar negeri, menjadikan personal essay sebagai syarat pendaftaran. Dengan banyaknya pelamar yang bersaing, menandakan bahwa esai tersebut menjadi kesempatan berharga untuk menunjukan potensi pribadi kamu, Be-emers!

Biasanya, personal essay menjelaskan tentang kelebihan kamu dan mengapa perguruan tinggi tempat kamu mendaftar harus menerima kamu sebagai muridnya. Esai ini juga menjadi sarana kamu untuk memberikan kesan positif, lho.

Sebagai pelajar yang ingin menimba ilmu di luar negeri, kamu juga perlu menuangkan alasan mengapa kamu ingin belajar di negara pilihanmu. Nah, simak tips mudah menulis personal essay, yuk!
 

Keep a notebook

Notebook atau buku catatan akan memudahkan kamu menuangkan ide-ide kasar tentang apa yang harus kamu tuangkan ke dalam esai mu. Selain itu, membawa notebook akan memudahkanmu mencatat semua hal yang tiba-tiba terlintas di pikiranmu.
 

Perbanyak referensi!

Kamu bisa cari banyak referensi untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis personal essay mu, lho. Selain itu, kamu juga bisa menjadi bagian dari komunitas yang fokus dalam kegiatan tulis menulis, sehingga kamu mendapatkan support group yang nantinya bisa memotivasimu.
 

Brainstorm

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menganalisa apa yang kamu tuliskan di dalam buku catatanmu. Kamu bisa membuat mind map tentang hidupmu atau mencari benang merah, yang nantinya akan kamu tuangkan menjadi narasi deskriptif.
 

Mulailah menulis!

Awali dari hal yang paling menarik tentang dirimu. Kamu juga bisa menggunakan dialog, detail, bahkan citra dalam esaimu. Jangan ragu untuk menuangkan hal-hal tentang dirimu ya, Be-emers!
 

Just keep moving

Lanjutkan terus apa yang kamu tulis. Jangan dulu mulai mengedit atau merevisi, karena hal tersebut akan membuat kamu malah tidak menyukai tulisanmu sendiri dan malah muncul keinginan untuk mengulang dari awal, akhirnya kamu malah nggak ada progress, deh!

 

Minta feedback!

Kamu bisa meminta review dan feedback dari orang yang kamu anggap mengerti dan lebih ahli. Atau, kamu juga bisa meminta saran dari teman-teman komunitasmu jika kamu punya.
 

Revisi

Bacalah secara runut tulisanmu. Analisa apakah semua yang kamu tulis memiliki struktur bacaan yang baik dan mudah dimengerti. Ubahlah hal-hal yang menurutmu perlu diubah agar semuanya sesuai dengan perjalanan dan benang merah hidupmu.

Gimana Be-emers, sudah cukup membantumu menulis personal essay, belum?

Baca Juga: Menulis Dapat Menghasilkan Uang? Yuk, Intip Tipsnya