Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Khasiat dari ubi jalar (Sumber gambar: sehatq.com)

Khasiat dari ubi jalar (Sumber gambar: sehatq.com)

Like

Ubi jalar merupakan sayuran akar dengan rasa yang manis dan terdapat beraneka ukuran. Ada yang warna ungu, orange, dan putih.

Dilansir dari waspada.co.id, berikut manfaat mengonsumsi ubi jalar guna meningkatkan kesehatan.


Menjaga Kesehatan Usus 
Ubi jalar mengandung serat dan kaya akan antioksidan yang bagus untuk usus. Sebagaimana dilansir Healthline, ubi jalar mengandung dua macam serat yaitu serat larut dan tidak larut. 

Dalam studi tabung reaksi juga menemukan bahwa antioksidan dalam ubi jalar ungu mampu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat, yaitu bakteri Lactobacillus tertentu dan Bifidobacterium. 


Jumlah bakteri ini yang lebih besar dalam usus dapat dikaitkan dengan kesehatan usus yang lebih baik.

Bantu Kesehatan Mata 
Ubi jalar ternyata kaya ajan beta karoten dan antioksidan yang bertanggung jawab penuh dalam warna orange. 

Ubi jalar yang berwarna orange ini menyediakan bahkan lebih dari tujuh kali jumlah beta karoten yang dibutuhkan rata-rata oleh orang dewasa per harinya. Beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan digunakan untuk pembentukan reseptor pendeteksi cahaya pada mata.

Tingkatkan Fungsi Otak 
Telah dilakukan analisis pada hewan bahwa anthocyanin yang terdapat dalam ubi jalar ungu mampu melindungi otak dengan mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan akibat pengaruh dari radikal bebas.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh 
Ubi jalar berwarna orange ternyata merupakan salah satu sumber alami yang kaya akan beta karoten dan senyawa nabati yang diubah menjadi vitamin A. 

Fungsi dari vitamin A itu sendiri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menurunkan kadar darah yang rendah.

Baca Juga: Fantatis! Dulu Tak Dilirik, Sekarang Buah Ini Bernilai Jual Karena Terbukti Khasiatnya