Fantatis! Dulu Tak Dilirik, Sekarang Buah Ini Bernilai Jual Karena Terbukti Khasiatnya

Khasiat buah ceplukan (Sumber gambar: suara.com)

Khasiat buah ceplukan (Sumber gambar: suara.com)

Like

Tanaman buah ceplukan merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh dimana saja.

Dilansir dari sehatyuks.id dan postingan instagram @dr.zaidulakbar.daily, buah ini kini menjadi banyak diburu oleh masyarakat karena harganya yang selangit dan memiliki banyak khasiat.

Di Brunei, buah ini satu bijinya dinilai seharga Rp10 ribu.
??Sementara di mal kota-kota besar seperti di Jakarta, sekilonya mencapai Rp500 ribu. Di Indonesia, tanaman buah ceplukan ini mudah dijumpai di banyak daerah.

Karena tanaman ini merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh di lahan kosong, pekarangan rumah, atau tanah yang tidak becek/basah. Tanaman ini juga mudah tumbuh baik di dataran rendah atau dataran tinggi.

Selain dihargai tinggi, buah ini juga memiliki banyak khasiat diantaranya sebagai berikut: 


Diabetes Melitus

Tanaman ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Caranya cukup mudah. 

Ambil pohon ceplukan yang sudah berbuah, cabut hingga ke akarnya. Cuci bersih dan layukan. Setelah layu, rebus dengan 3 gelas air hingga airnya menjadi 1 gelas. Saring dan minum 1x sehari.

Sakit paru-paru, batuk teman radang saluran napas, gondongan, pembengkakan buah pelir 

Selain ampuh dalam menangani penyakit diabetes melitus, buah cemplukan juga memiliki khasiat untuk penyakit seperti sakit paru-paru, pembengkakan buah pelir dan gondongan. 

Caranya: ambil pohon ceplukan lengkap dari pohon, buah, daun, batang hingga akarnya. Cuci bersih, rebus dengan 3-5 gelas air hingga mendidih. Saring, lalu minum 3x sehari 1 gelas tiap kali minum.

Ayan 

Ambil 8-10 butir buah ceplukan yang sudah matang. Untuk mengobati penyakit ayan dengan buah ini cukup langsung memakan buahnya secara rutin setiap harinya. 

Borok 

Buah ini juga dipercaya dapat menghilangkan atau menyembuhkan penyakit borok. 

Caranya: ambil 1 genggam daun ceplukan, tambah 2 sdm air kapur sirih. Tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada bagian borok yang sakit.

Bisul 

Penyakit satu ini juga dapat mengganggu aktivitas kita sehingga dapat membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. 

Apalagi jika penyakit ini tumbuh di area yang berperan menganggu aktivitas kita, pasti sangat menyebalkan karena rasa sakitnya yang tidak tertahan. Buah ceplukan ternyata juga memiliki khasiat dalam menangani penyakit bisul. 

Caranya: ambil daun ceplukan sebanyak 1/2 genggam. Cuci bersih kemudian tumbuk/giling hingga halus. Tempelkan pada bisul yang sakit, lalu balut. Ganti balutan 2x sehari.

Sakit tenggorokan dan Influenza 

Siapa kira buah ceplukan juga memiliki khasiat dalam menangani sakit flu dan sakit tenggorokan. 

Caranya: semua bagian dari tumbuhan ceplukan dipotong-potong dengan ukuran 3-4 cm, lalu jemur. Setelah itu bungkus agar tidak lembab lagi. Ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram untuk direbus dan minum air rebusannya. Lakukan sebanyak 3 kali sehari agar cepat dalam pemulihan.