Tidak Hanya Daging, Makanan Ini Juga Kaya Akan Protein

Selain daging, ada banyak makanan yang mengandung protein (Sumber gambar: liputan6.com)

Selain daging, ada banyak makanan yang mengandung protein (Sumber gambar: liputan6.com)

Like

Kekurangan mengonsumsi protein juga bisa bersifat fatal bagi tubuh. Karena protein termasuk nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. 

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa makan makanan yang mengandung protein dengan jumlah yang lebih banyak dapat meningkatkan metabolisme dan membantun otot. 

Berbicara perihal makanan yang mengandung protein, mungkin kita berpikiran bahwa daging merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Padahal, ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi selain daging. 

Melansir dari republika.co.id, berikut beberapa makanan yang mengandung protein tinggi.

Lentil 
Cukup 100 gram lentil, memiliki 31 persen protein per kalori dan 116 kalori. Tidak hanya itu, lentil juga jauh lebih mengenyangkan, seratnya bersifat ramah pada usus dengan 7,9 gram per porsinya. 


Lentil memberikan 16,1 persen kebutuhan protein harian untuk pria dan 19,6 persen kebutuhan protein harian pada wanita. 

Tempe 
Makanan yang terbuat dari kedelai yang matang dan difermentasi ini merupakan sumber protein yang sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian. Tempe mengandung  42,3 persen kalori dari protein. Tempe juga lebih kaya akan serat dibandingkan dengan tahu. 

Bahkan, tempe juga memiliki kandungan protein yang lebih jauh dari daging. Satu porsi tempe mengandung 36,3 persen AKG untuk pria dan 44,1 persen AKG untuk wanita.

Brokoli 
Sayuran ini juga kaya akan vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, brokoli ternyata juga salah satu sumber protein nabati yang terbaik. Brokoli mengandung protein sebanyak 33 persen dan rendah akan kalori. Jadi, pastikan kamu untuk tidak melewati makanan ini ya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Ini Dampaknya Apabila Tubuh Kekurangan Protein