Tanggapan Presiden The Federal Reserve Minneapolis Neel Kashkari Terhadap Kripto Jadi Sorotan

Neel Kashkari Kritik Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Neel Kashkari Kritik Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Like

Sosok Neel Kashkari memang masih asing bagi sebagian besar orang. Namun, presiden The Federal Reserve Minneapolis itu kerap memberikan tanggapan atau pernyataan yang kerap jadi sorotan, salah satunya soal aset kripto.

Neel Kashkari cukup terkenal karena pernah meyakinkan publik A.S. tahun lalu bahwa bank sentral dapat menyuntikkan uang tanpa batas ke dalam perekonomian. Kali ini, bukan soal dana dari bank sentral, Neel justru mengkritik soal aset kripto.

Dikutip Coindesk, Neel Kashkari mengatakan kalau dirinya lebih optimis terhadap aset kripto -terutama Bitcoin- pada lima atau enam tahun lalu. Namun, kini Neel melihat 95 persen dari kripto hanya berupa penipuan, sensasi, kebisingan, dan kebingungan!

“So far what I’ve seen is … 95% fraud, hype, noise and confusion.” -Neel Kashkari, dikutip Coindesk.


Apalagi, selama penampilannya dalam Pacific NorthWest Economic Region, Neel juga membandingkan sifat terbuka dari aset kripto dengan monopoli pemerintah AS dalam penerbitan dolar.

 

Neel Kashkari Kritik Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Neel Kashkari Kritik Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia



Setiap orang, menurut Neel, bisa membuat bitcoin sendiri. Bahkan, dirinya menyebut bisa membuat Neelcoin alias aset kripto buatan sendiri.


Dari pemikirannya itu, Neel pun menyatakan kalau ada ribuan koin sampah yang telah dibuat! Dari situ, banyak juga yang berkedok skema Ponzi atau penipuan.

Menurutnya, banyak pihak menipu orang untuk menginvestasikan uang ke aset kripto dan kemudian para pendirinya dengan mudah menghancurkannya.

Baca Juga: Berhasil Curi US$600 Juta, Hacker Kripto Ini Malah Mengembalikannya!

Meski benar bahwa siapapun bisa mengotak-atik aset digital dengan mudah, tapi Neel enggak menyebutkan kekuatan efek jaringan, yang membuat bitcoin lebih aman dan berharga di mata pasar daripada banyak pesaingnya.

Makanya, banyak pihak yang menilai kalau kritik Neel sudah usang dan sering dibantah terhadap bitcoin dan cryptocurrency secara umum nih, Be-emers.

Gimana pendapat kamu soal kritik Neel Kashkari terhadap aset kripto?