Populasi Badak Jawa Bertambah di Indonesia

Gambar diambil dari Media Online

Gambar diambil dari Media Online

Like

Hewan-hewan yang hidup di alam, hampir sebagian besar mengalami kepunahan. Hal itu disebabkan faktor kurangnya rasa peduli manusia dan kurangnya tempat mereka untuk tinggal.

Salah satu hewan yang rentan mengalami kepunahan adalah badak Jawa. Hewan ini hampir hilang dari Indonesia.

Tetapi, tidak di sangka-sangka, saat pandemi seperti ini, badak Jawa ini malah bisa menghasilkan populasi yang baru untuk Indonesia.

Jumlah badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon sekarang ini sudah bertambah. Diketahui, Bertambahnya populasi badak Jawa ini berawal dari salah seorang yang merekam sebuah video dan menemukan anak dari badak Jawa ini.
 

Dari Media Online

Badak Jawa - Image: Google


Dari catatan Taman Nasional Ujung Kulon, ternyata di tahun 2021, induk badak Jawa telah melahirkan 4 ekor anak. Tidak di sangka-sangka, hewan yang sudah jarang kelihatan dan hampir punah ini, ternyata masih ingin bertahan hidup dan berkembang biak lagi.


Bahkan, sudah dari sejak bulan Maret 2021, badak Jawa ini bertambah populasinya lho, antara lain :
  • Induk dari Badak Jawa ini bernama Ambu dengan ID 023.2011 yang melahirkan 4 ekor Badak Jawa
  • Pada bulan Maret, Induk Badak Jawa ini, melahirkan seekor betina dengan ID 083.2021 yang terekam kembali.
  • Pada bulan April, terekam kembali ada 2 ekor anak Badak Jawa ini adalah Jantan dengan ID 085.2021 dan 024.2012 dari Induk bernama Ratih ID 024.2011
  • Ada juga yang ternyata diperkira sudah berusai 1 tahun, terekam pada kamera monitoring pada Juni 2021 melahirkan seekor Badak Jawa Betina ID 086.2021 dengan Induk yang bernama Kasih, ID 032.2011

Saat ini, populasi Badak Jawa sudah bertambah menjaadi 75 Ekor. Dengan ini, menandakan bahwa hewan Badak Jawa ini masih dalam perlindungan habitatnya.

Adapun, badak Jawa adalah jenis satwa langka yang masuk ke dalam 25 spesies prioritas utama konservasi pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Inggris Pertimbangin Perlindungan Hukum untuk Perasaan Hewan!