Setelah Curi US$610 Juta, Hacker Kripto Ini Malah Dapat Tawaran Pekerjaan Lho!

Hacker Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Hacker Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Kasus pencurian US$610 juta yang menimpa PolyNetwork beberapa waktu lalu memang bikin heboh jagat kripto nih. Namun, yang enggak kalah heboh, kini sang hacker malah dapat tawaran pekerjaan dari PolyNetwork lho!

Pencurian US$610 juta yang dialami PolyNetwork mungkin disebut-sebut sebagai pencurian terbesar dalam sejarah. Meskipun, sang hacker pada akhirnya secara bertahap telah mengembalikan uang tersebut.

Sang hacker pernah mengklaim kalau aksinya terhadap platform yang memungkinkan pengguna menukar token di beberapa blockchain itu merupakan tindakan peretasan untuk “menyelamatkan” suatu proyek.

Baca Juga: Berhasil Curi US$600 Juta, Hacker Kripto Ini Malah Mengembalikannya!

 

Hacker Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Hacker Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

Sang Peretas yang Dianggap “Berjasa”

Dianggap etis karena akhirnya mengembalikan uang yang telah dicuri, PolyNetwork pun telah menanggapinya dengan memberikan pujian pada sang peretas!


Sekedar info nih, sang peretas bahkan sampai dijuluki “Mr. White Hat” karena dianggap berjasa menemukan kerentanan dalam jaringan komputer dan memperingatkan perusahaan untuk memperbaikinya!

Enggak cuma itu, dilansir Bloomberg, PolyNetwork bahkan menawari sang hacker pekerjaan sebagai Chief Security Adviser! Hal itu dilakukan PolyNetwork sebagai bentuk rasa terima kasih atas “peringatan” yang diberikan oleh sang hacker melalui aksi yang dilakukannya.

Meski begitu, PolyNetwork hingga kini masih berjuang untuk mendapatkan semua uang kliennya kembali. Soalnya, si Mr. White Hat yang belum diketahui identitas aslinya itu baru mengembalikan setengah dari aset jaringan, yakni sebesar US$235 juta.

Pihak PolyNetwork telah memohon kepada sang hacker untuk menyerahkan kuncinya sehingga dana dapat diakses. Namun, Mr. White Hat belum mau melakukannya.

Padahal, ada tawaran pekerjaan dan tawaran lain yang memungkinkan peretas menyimpan $500.000 dari dana tersebut lho! Hal ini pun membuat bingung para ahli, yang telah mencoba melacak sang hacker sejak dana awalnya dicuri.

Adapun, Bloomberg juga menyebutkan bahwa para peneliti di firma riset cryptocurrency Chainalysis Inc. berspekulasi bahwa apa yang dilakukan PolyNetwork mungkin merupakan keputusan taktis nih.

PolyNetwork melakukan hal tersebut untuk mendapatkan semua dana mereka kembali dengan menenangkan sang hacker. Tentunya, dengan cara memberikan tawaran uang, penghargaan, hingga tawaran pekerjaan.

Kalau kamu jadi hacker kayak Mr. White Hat, kamu bakal menerima tawaran pekerjaan itu enggak? Hehe