Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mengonsumsi Air Kelapa

Manfaat air kelapa untuk sistem kekebalan tubuh (Sumber gambar: klikdokter.com)

Manfaat air kelapa untuk sistem kekebalan tubuh (Sumber gambar: klikdokter.com)

Like

Virus corona yang hadir dengan berbagai varian baru tentu menjadi ancaman bagi kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Salah satu alternatif yang dapat diterapkan oleh masyarakat untuk meningkatkan sistem kekebalam tubuh adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Selain rasanya yang segar, air kelapa juga memiliki beberapa khasiat. 

Terdapat kandungan nutrisi penting untuk tubuh yang bahkan tidak banyak orang yang mengonsumsinya.

Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia, mengatakan bahwa khasiat utama dari air kelapa ialah dapat mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menimbulkan masalah pada reaksi kimia yang ada pada sistem tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.


Dia menjelaskan bahwa cairan tubuh dan air kelapa menjadi bagian dalam darah, sehingga berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Itulah yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh dan sistem lainnya.

Menurutnya, sesorang yang sedang menderita penyakit demam, lalu mengonsumsi air kelapa, dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang atau rehidrasi. 

Ia juga mengatakan bahwa seseorang jangan sampai mengalami dehidrasi karena dehidrasi dapat memicu terjadinya demam. 

Sementara itu, air kelapa adalah minuman terbaik untuk memulihkan hidrasi dan dapat mengisi kembali elektrolit yang hilang setelah melakukan olahraga.