Rekomendasi Film Seru Bernuansa Kemerdekaan!

War Illustration Web Bisnis Muda - Canva

War Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Tahun ini menjadi tahun kedua perayaan hari kemerdekaan Indonesia dilakukan di rumah, dan sebaiknya juga tidak mengikuti perlombaan di lingkungan sekitar ya, Be-emers.

Walaupun terdengar membosankan, semangat perjuangan jangan sampai menurun karena di hari spesial ini ada beberapa film yang membahas tentang perjuangan-perjuangan para pahlawan Indonesia.

Film yang memiliki tema perjuangan melawan penjajah ini diyakini mampu sedikit membangkitkan semangat kemerdekaan. Berikut adalah sejumlah film yang cocok untuk ditonton di hari kemerdekaan ini.
 

Trilogi Merah Putih

Merah Putih Trilogi - Amir at the Movies

Merah Putih Trilogi - Amir at the Movies


Trilogi film ini berlatar belakang tahun 1947 yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda pasca kemerdekaan. 

Film yang mengisahkan para pemuda dari berbagai suku berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan ini dibintangi oleh Darius Sinathrya, Donny Alamsyah, Lukman Sardi, Joe Sims, dan Rahayu Saraswati.
 

Soekarno

Soekarno (Film) - RRI

Soekarno (Film) - RRI



Film ini berkisah tentang perjalanan hidup Soekarno yang sekarang dikenal sebagai presiden pertama RI dari masa kecil, masa remaja, hingga perjuangannya untuk kemerdekaan Indonesia.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini berisikan pidato-pidato Soekarno yang meningkatkan semangat nasionalisme.
 

Guru Bangsa Tjokroaminoto

Guru Bangsa Tjokroaminoto - Netflix

Guru Bangsa Tjokroaminoto - Netflix


Film ini menceritakan tentang perjuangan Haji Oemar Said yang memiliki andil besar pada masa awal kemerdekaan RI terutama di bidang pendidikan.

Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini dibintangi oleh Reza Rahardian, Chelsea Islan, Putri Ayudya, dan lainnya.

Tjoet Nja’ Dhien

Tjoet Nja

Tjoet Nja' Dien - Lembaga Sensor Film


Film ini berkisah tentang perjuangan salah satu pahlawan wanita yang berasal dari Aceh yaitu Tjoet Nja’ Dhien. Film ini bukan hanya menceritakan dilema Tjoet Nja’ Dhien sebagai pemimpin tetapi juga menampilkan kacaunya tentara Belanda melawan rakyat Aceh.

Film yang dibintangi oleh Christine Hakim dan Slamet Rahardjo ini mampu membangkitkan semangat kemerdekaan RI.
 

Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman (Film) - Lokadata.ID

Jenderal Soedirman (Film) - Lokadata.ID


Film yang digarap oleh Viva Westi ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman melawan Belanda meski sedang dalam kondisi sakit.

Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai Jenderal Soedirman. FIlm ini juga menampilkan bagaimana Jenderal Soedirman mengeluarkan strategi-strategi gerilya yang membuat Belanda kewalahan.