Nggak Lagi Jadi Bandara No. 1 di Dunia, Posisi Changi Airport Tergeser!

Changi Airport Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Changi Airport Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Menurut daftar Skytrax, Changi Airport di Singapura memegang gelar sebagai bandara terbaik di dunia selama satu dekade lho, Be-emers!

Namun gelar tersebut harus direbut oleh Hamad International Airport, bandara milik Qatar. HIA telah bertahun-tahun berusaha meraih gelar tersebut yang akhirnya dapat didapat pada tahun ini.
 

Hamad International Airport Qatar Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Hamad International Airport Qatar Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Changi Airport yang kehilangan gelar tersebut bukan hanya turun ke nomor dua. Namun, sekarang menempati posisi ketiga setelah bandara Haneda Jepang berhasil menduduki peringkat dua.
 

Haneda International Airport Tokyo Illustration Web Bisnis Muda - World Airport Awards

Haneda International Airport Tokyo Illustration Web Bisnis Muda - World Airport Awards


Kerja keras dari maskapai andalannya Qatar Airways tidaklah sia-sia. Pasalnya, untuk meraih gelar tersebut Pemerintah Qatar sudah banyak berinvestasi untuk bandara serta Qatar Airways.

Di tengah situasi pandemi ini sangat sulit untuk menilai bandara terbaik, karena penilaian bandara diambil dari survei para pelanggan akan kepuasan terhadap pelayanan bandara tersebut yang berlangsung dari Agustus 2020 hingga Juli 2021.


Dalam hal ini, Skytrax telah membuat daftar secara khusus untuk menilai bandara dengan penanganan protokol kesehatan dengan baik.

Changi Airport yang memenangkan ‘staf bandara terbaik’ ini harus kalah dari Tokyo yang juga mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbersih.

Negara-negara Eropa dan Asia mendominasi daftar 100 bandara teratas pada tahun 2021. Jepang yang kini terpilih sebagai negara dengan peringkat terbaik dengan 3 bandaranya berada di urutan 10 besar.

Indonesia yang tertinggal jauh dari Changi Airport milik Singapura haruslah tetap berbangga karena pada tahun ini dua bandara Indonesia naik peringkat.

Bandara indonesia tersebut adalah Soekarno-Hatta yang pada tahun lalu berada di peringkat ke-35 sekarang naik ke peringkat 34 sementara bandara satunya lagi adalah Ngurah Rai yang naik dari peringkat 85 ke posisi 82.

Kalo kamu, punya bandara favorit yang sering kamu kunjungi nggak, Be-emers?