Siapkan Dana Nikah dengan Investasi Reksa Dana

Image by Tú Anh from Pixabay

Image by Tú Anh from Pixabay

Like

Mau nikah tapi bingung gimana siapin dananya? Sebenarnya tidak sesusah itu kok jika kamu memanfaatkan instrumen investasi reksa dana sebagai penolong kamu dalam mengumpulkan dana tersebut. Jadi,  yuk simak caranya disini!
 

Buat target biaya pernikahan yang kamu inginkan

Pertama, buat perencanaannya dulu, kamu harus menghitung seluruh rincian dari biaya pernikahan tersebut. Setiap kita memiliki rencana pernikahan yang berbeda – beda. Ada yang mau high key party hingga low key saja yang penting nikah wkwk. Tentu ini mempengaruhi besar kecilnya budget dalam suatu pernikahan.
 

Tentukan target jangka waktu menikah

Setelah tau perkiraan total biayanya, kamu harus punya rencana untuk menabung. Nah, buat tau berapa yang harus ditabung secara rutin hingga 100 juta, kamu perlu punya target kapan uang menikah ini akan digunakan.

Goal tiap orang berbeda-beda, ada yang ingin menikah 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun lagi bahkan lebih dari itu.  Perbedaan jangka waktu inilah yang membedakan jumlah tabungan yang harus disisihkan setiap bulannya. Semakin lama kamu ingin menikah, itu artinya semakin sedikit biaya yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya.
 

Hitung tabungan per bulan yang diperlukan berdasarkan investasi yang dipilih

Sekarang anggaplah kamu sudah punya target yaitu biaya menikah sebesar 100 juta dan mau dicapai dalam waktu 3 tahun. Pertanyaan selanjutnya, berapa sih yang mesti disisihkan setiap bulan untuk mencapai target tersebut?

Dikarenakan jangka waktunya yang 3 tahun lagi tentunya kamu berinvestasi di instrumen reksa dana pasar uang karena itu cukup stabil. Maksudnya adalah dengan waktu yang tersedia hanya 3 tahun lagi, maka investasinya tidak bisa memiliki risiko yang besar.

Dengan kata lain, Rp.100jt : 3 thn (36.bulan) = Rp. 2.8jt. Jika dikalkulasikan, kamu membutuhkan dana sebesar 2.8jt/bulannya untuk di investasikan. Akan tetapi, ceritanya disini kita bukan sekedar menabung, tapi juga berinvestasi. Itu artinya uang yang akan kamu dapatkan bakal lebih di atas 100jt. Tentu kelebihan tersebut bisa kamu gunakan sebagai dana darurat jika biaya pernikahan yang kamu rincikan ternyata tidak sesuai dengan biaya di 3 tahun mendatang.


Oke, gimana nih Be-emers? udah tau kan ya gimana cara ngumpulin dananya. Jadi kalau udah punya rencana menikah, jangan ditunda untuk menyiapkan biayanya ya. Langsung aja diinvestasikan, yuk!