Konsumsi Ini Secara Rutin, Bisa Bikin Tubuh Kamu Langsing

Manfaat kunyit untuk kesehatan (Sumber gambar: idntimes.com)

Manfaat kunyit untuk kesehatan (Sumber gambar: idntimes.com)

Like

Dilansir dari detik.com, kunyit merupakan rempah yang dianggap sebagai rempah dengan seribu manfaat untuk tubuh. 

Kunyit merupakan rempah yang memiliki warna kuning sehingga digunakan dalam berbagai masakan. Ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Sejak masa lampau, kunyit dijadikan sebagai obat alternatif karena kandungan kurkumin didalamnya. Selain itu, kunyit mengandung antiinflamasi yang sangat bagus untuk tubuh. Konsumsi kunyit secara rutin, mulai dari mencegah penyakit hingga gangguan pada tubuh dapat dirasakan manfaatnya.

Para ahli juga mengatakan bahwa kunyit bermanfaat untuk perawatan tubuh dan kecantikan. Menurut The Healthy, berikut manfaat mengonsumsi kunyit secara rutin:
 

Mempercepat Penurunan Berat Badan 

Sebuah penelitian juga melihat keterkaitan antara fungsi dari kurkumin untuk menurunkan berat badan serta dapat mengurangi indeka massa tubuh. 

Ahli gizi, Patricia Banan, mengatakan bahwa hanya dengan meningkatkan konsumsi kunyit secara rutin, dapat menurunkan berat badan dan membantu pembakaran lemak yang berlebih. 

 

Anti Radang Sendi 

Kunyit mengandung antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Kandungan polifenol ini yang bermanfaat dapat mengurangi nyeri, kaku hingga pada pembengkakan akibat radang sendi. 

The Arthritis Foundation juga menyarankan untuk pengobatan herbal bagi penderita radang sendi dengan ekstrak kurkumin sebanyak 500 mg dua kali sehari. 

Akan tetapi tetap dalam pengawasan dokter ketika hendak mengonsumsi kunyit. Pastikan tidak konsumsi secara berlebihan, ya!