Dampak Perihal Penerapan Konsep Childfree

Family Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Family Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Jika merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata dampak adalah benturan atau pengaruh yang mendatangkan akibat baik positif maupun negatif.

Segala hal yang dilakukan pasti memiliki dampak serta resikonya masing-masing. Sama halnya seperti penerapan konsep childfree yang beberapa waktu kebelakang menuai atensi lebih dibeberapa bahan bacaan serta pemberitaan diportal media.

Mungkin, Be-emers juga sudah mulai mengetahui arti childfree itu sendiri yang merujuk kepada suatu keputusan yang didasari rasa konsensual antara pasangan suami istri untuk tidak memiliki anak atau keturunan.

Baca Juga: Heboh di Media Sosial, Apa Itu Childfree?

Akan tetapi, Be-emers sendiri juga harus mengetahui dampak baik serta dampak negatif dari penerapan konsep childfree ini, lho!


Dimulai dari dampak positif dari penerapan konsep childfree ini ialah menghilangkan sikap egois orang tua akan penghilangan beban tanggung jawab anak yang seringkali ditemukan bahwa anak yang tidak memilih untuk dilahirkan malah dibebani baik dari sisi tenaga, waktu dan uang ketika orangtua menginjak usia senja.

Selain itu, anak yang pada hakikatnya tidak memilih untuk dilahirkan ini juga terhindar dari penyakit turunan serta kehidupan dari segi finansial yang kurang mumpuni dikemudian hari.

Selanjutnya, Childfree dinilai menyelamatkan anak yang pada hakikatnya tidak memilih dilahirkan terhindar dari ancaman pemanasan globa. Melihat dampak perubahan iklim serta keterbatasan sumber daya dan energi yang sudah sangat nyata dirasakan.

Namun, adapun beberapa dampak negatif dari penerapan konsep childfree ini ialah sudah jelas menjadi polemik berkepanjangan baik pada strata sosial ataupun kultur di Indonesia yang sangat kontras dengan penerapan konsep tersebut.

Karena biar bagaimanapun juga, keberlangsungan akan pernikahan dengan memiliki keturunan sudah menjadi stereotip sejak dahulu kala di Indonesia baik dari segi sosial, kultur serta agama.

Tak berhenti sampai disitu, ternyata penerapan childfree ini juga berdampak ke sisi kesehatan. Mengutip dari SehatQ, dengan penerapan konsep childfree ini diketahui dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

Karena ketika hamil serta menyusui, akan terjadi penurunan terkena kanker payudara akan berkurang karena adanya perubahan hormonal.

Nah, sekarang semua berbalik kepada pilihan masing-masing karena kembali lagi setiap hal pasti memiliki dampak serta resikonya tersendiri.

Penerapan konsep childfree ini harus sangat matang untuk dikalkulasikan dari segala aspeknya dan penyelarasan antara nilai sosial dan kultur.

Baca Juga: Ramai Diperbincangkan, Ini Sejumlah Tokoh Publik yang Memilih untuk Childfree