Elon Musk Sebut Bakal Rilis Tesla Bot Tahun Depan!

Tesla Bot Illustration Web Bisnis Muda - Image: Tesla

Tesla Bot Illustration Web Bisnis Muda - Image: Tesla

Like

Ada gebrakan baru lagi nih dari Elon Musk. Seakan enggak kehabisan ide soal teknologi, kini Elon Musk dikabarkan bakal merilis “Tesla Bot” tahun depan lho!

Manusia dan robot sudah bukan menjadi hal yang asing lagi. Apalagi, teknologi terus berkembang, yang mana hal itu mendukung perkembangan robot sebagai alat bantu kerja manusia.

Di tahun 1954, Unimate menjadi robot digital komersial pertama di dunia. Sejak saat itu, robot terus berkembang menyesuaikan kebutuhan dan zaman.

Kini salah satu pengusaha teknologi dunia, Elon Musk, juga enggak mau ketinggalan untuk berinovasi. Bos Tesla itu pun belum puas dengan produk teknologi yang diciptakan, seperti mobil autopilot Tesla misalnya.

Pada Kamis (19/8) lalu, CEO Tesla Elon Musk mengumumkan kalau Tesla bakal meluncurkan prototipe robot humanoid yang disebut sebagai Tesla Bot di tahun 2022. Wah, seperti apa bentuknya?


Baca Juga: SoftBank Hentikan Produksi Robot Pepper Nih, Kenapa Ya?

 

Tesla Bot Illustration Web Bisnis Muda - Image: Tesla

Tesla Bot Illustration Web Bisnis Muda - Image: Tesla

 

Rancangan Tesla Bot

Diketahui dari Reuters, Tesla Bot sendiri dirancang untuk pekerjaan berbahaya, berulang, atau membosankan yang tidak disukai orang lho!

Di acara Tesla’s AI, Elon Musk menyebutkan kalau Tesla Bot memiliki tinggi sekitar lima kaki delapan inci. Tesla Bot juga bakal mampu menangani pekerjaan mulai dari memasang baut ke mobil dengan kunci pas, atau bahkan mengambil bahan makanan di toko!

Dengan adanya Tesla Bot, Musk menilai bahwa hal itu bisa mengatasi kekurangan tenaga kerja. Makanya, kehadiran Tesla Bot sendiri dinilai miliarder dunia itu bisa punya implikasi mendalam bagi perekonomian.

Di sisi lain, kabar rencana perilisan Tesla Bot datang di tengah masih kencangnya isu autopilot Tesla yang kerap menuai masalah. Apalagi, diketahui bahwa regulator keselamatan AS mulai membuka penyelidikan terhadap sistem asisten pengemudi Tesla karena adanya kasus kecelakaan.

Belum lagi, Reuters mencatat, dua senator AS juga telah meminta Komisi Perdagangan Federal untuk menyelidiki klaim Tesla atas sistem "Full Self-Driving"-nya.

Meski begitu, Musk tidak mengomentari pengawasan atas keamanan teknologi Tesla tetapi mengatakan bahwa dia yakin dapat mencapai full self-driving dengan keamanan yang lebih tinggi daripada manusia.

Adapun, di hari yang sama ia mengumumkan rencana soal Tesla Bot, Elon Musk justru memperkenalkan perangkat keras baru untuk komputer self-driving. Selain itu, pihaknya juga mendorong kembali peluncuran Cybertruck.

Baca Juga: Bisa Bergerak Seperti Kepiting, Tesla Cybertruck Baru Siap Diluncurkan

Kira-kira, kalau kamu punya Tesla Bot, apa yang akan kamu lakukan?