Gold Rush: Peristiwa Penting dalam Sejarah Pertambangan Emas

Gold Rush Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Gold Rush Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Mungkin Be-emers sudah mulai banyak yang memilih emas sebagai opsi dalam berinvestasi. Selain pragmatis, emas dirasa sangat cocok untuk memulai berinvestasi.

Akan tetapi, walaupun berinvestasi emas memang terbilang pragmatis, Be-emers juga harus mengetahui nih sejarah keberadaan serta ditemukannya emas itu sendiri sebagai knowledge tambahan serta dalam meningkatkan mutu literasi.

Pada kesempatan kali ini bahasan yang tepat terkait sejarah keberadaan serta ditemukannya emas dimulai dari Peristiwa Gold Rush yang menjadi sejarah penting bagi dunia pertambangan terkhusus emas.
 

Apa Itu Peristiwa Gold Rush?

Gold Rush atau Demam Emas ialah suatu peristiwa penemuan emas atau kandungan emas yang membuat seluruh orang dari penjuruh negara berbondong – bondong untuk berebut menambang emas disuatu tempat atau negara.

Peristiwa Gold Rush ini pun tercatat beberapa kali yakni dimulai dari peristiwa Gold Rush Australia, Gold Rush California, Gold Rush Witwatersrand, Gold Rush Tierra del Fuego serta Gold Rush Klondike.

Seperti diketahui, peristiwa Gold Rush untuk pertama kalinya yaitu penemuan emas di Australia tepatnya di Bathurst, New South Wales pada tahun 1851 oleh Edward Hammond Hargraves.


Namun jauh sebelum itu, Australia juga dirasa sebagai pemicu akan peristiwa Gold Rush karena tepat pada tahun 1823, James McBrien menemukan emas di Fish River dekat Bathurst.

Dampak yang dirasakan dari Gold Rush Australia ini ialah menjadikan Australia yang pada saat itu menjadi sebuah negara koloni Inggris yang dikenal sebagai tempat pembuangan narapidana menjadi negara yang sangat maju dalam bidang industri pertambangan.

Dilanjut dengan peristiwa Gold Rush California yaitu penemuan emas di California pada tahun 1849 yang ditemukan oleh James Wilson Marshall. Diketahui pada peristiwa ini ratusan ribu orang dari seluruh penjuruh dunia melancong ke California, termasuk Edward Hargraves penemu Gold Rush Australia.

Setelah itu dilanjut dengan peristiwa Gold Rush Witwatersrand yang mana untuk pertama kalinya penemuan emas ditemukan di Afrika Selatan tepatnya di Witwatersrand, kota Johannesburg pada tahun 1886.

Serta peristiwa Gold Rush Tierra del Fuego yaitu peristiwa penemuan emas di Chili, Argentina pada tahun 1883 hingga 1906 oleh perwira Angkatan Laut Chili Ramón Serrano Montaner.

Dan yang terkahir ialah peristiwa Gold Rush Klondike peristiwa penemuan emas di utara Kanada tepatnya di Bonanza Creek, Klondike oleh George Carmack. Diketahui, dampak dari peristiwa Gold Rush Klondike ini mencatatkan tak kurang lebihnya sebanyak 100.000 orang pergi untuk menambang.