Ramai Soal Childfree, Apa Dampaknya Bagi Keuangan?

Childfree Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Childfree Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Belum lama ini, sempat ramai di sosial media soal childfree. Banyak masyarakat hingga influencer yang angkat bicara tentang masalah ini. Nggak dipungkiri juga, keputusan suatu pasangan untuk childfree atau tidak memiliki anak menimbulkan pro dan kontra, nih!

Tapi, di setiap keputusan pasti ada dampaknya ya kan, Be-emers. Nah, kali ini, kita akan bahas dampak keuangan yang akan dialami oleh pasangan yang memutuskan untuk childfree. Kira-kira apa aja ya dampaknya? Apakah akan semuanya positif, atau bahkan ada yang negatif?

Yuk kita bahas bersama!
 

Tabungan Pensiun Jadi No.1

Keputusan untuk tidak memiliki anak mungkin memang berarti memiliki tanggungan finansial yang lebih sedikit untuk orang lain, namun hal itu jangan sampai membuat kamu lupa untuk bertanggung jawab pada dirimu sendiri ya, Be-emers!

Salah satu cara untuk menjaga masa depan dirimu adalah dengan menabung untuk masa pensiun kamu nanti. Kamu harus pastikan bahwa dana pensiun yang kamu siapkan cukup untuk memenuhi kebutuhanmu di masa tua, dimulai ketika kamu tak lagi bekerja dan tak lagi mendapatkan income yang rutin.

Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi sekarang untuk masa pensiun kamu nanti. Kamu bisa berinvestasi dalam saham, obligasi, atau reksa dana.

 

Asumsikan Kalau Kamu Butuh “Elder Care

Tanpa adanya anak, kemungkinan kamu akan memiliki lebih sedikit orang yang membantu dan merawatmu di masa tua. Karena masa depan tidak bisa ditebak, kamu harus siap dengan kemungkinan bahwa kamu harus tinggal di panti jompo nantinya.

Untuk dapat tinggal di panti jompo atau fasilitas tempat tinggal untuk orang tua yang mendapatkan bantuan, membutuhkan biaya yang agak mahal lho, Be-emers. Untuk itu, kamu harus mulai memikirkan bagaimana alokasi dana yang dibutuhkan jika sampai hal ini harus terjadi, ya!
 

Kehilangan Pasangan

Mungkin, hal yang satu ini memang tidak menyenangkan untuk dibahas, namun, mencari solusi untuk skenario terburuk harus selalu dilakukan, terlebih untuk perencanaan keuangan masa depanmu.

Untuk itu, kamu harus mempertimbangkan asuransi jiwa yang sesuai, mulai dari asuransi kesehatan dan lainnya, yang dapat membantu jika kamu atau pasanganmu tertimpa penyakit, terluka, atau bahkan mengalami cacat fisik.

Selain itu, asuransi jiwa dapat memberikan bantuan keuangan kepada keluargamu jika suatu saat kamu meninggal dunia, sementara asuransi kesehatan dapat membantu jika kamu nggak lagi bisa memberikan kontribusi finansial kepada keluargamu.

Nah, itulah hal-hal seputar finansial yang harus diperhatikan jika kamu dan pasanganmu memilih untuk childfree. Walaupun tanggungan ekonomimu lebih sedikit, kamu harus tetap bijak menggunakan uangmu ya, Be-emers! Jangan sampai kamu jadi terlalu boros untuk dirimu sendiri!

Apa tanggapanmu soal childfree ini, Be-emers? Setuju ataukah nggak? Yuk, komen di bawah!