Kerjasama dengan E-Commerce Shopify, Pengguna Kini Bisa Belanja via TikTok?

Kerjasama dengan E-Commerce Shopify Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Kerjasama dengan E-Commerce Shopify Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Eksistensi TikTok enggak main-main nih. Setelah menggebrak dunia media sosial dengan konten video singkatnya, kini TikTok dikabarkan bekerjasama dengan Shopify untuk kebutuhan layanan e-commerce nih!

TikTok telah menjelma menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Bahkan, di tahun 2021, Businessofapps.com menyebut kalau kesuksesan TikTok yang mendunia juga didukung oleh sejumlah AI (Artificial Intelligence) tercanggih di dunia.

Eksis sejak September 2016 di China, kini anak usaha ByteDance itu telah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Di tahun 2020 saja, berdasarkan data Apptopia, TikTok diestimasi telah didownload sebanyak 987 juta kali.

Dari data Reuters, di tahun 2020, pendapatan TikTok diperkirakan telah mencapai US$1 miliar lho! Sementara itu, valuasi TikTok yakni sebesar US$50 miliar!

Baca JugaTikTok Dikecam Senator Amerika Serikat, Kenapa Ya?
 

TikTok dan Bisnis E-Commerce

Berdasarkan info dari laman The New York Times, platform e-commerce Shopify telah menjalin kerjasama dengan TikTok. Keduanya sepakat bekerjasama dan memungkinkan pelanggan bisa berbelanja langsung di aplikasi TikTok untuk pertama kalinya!


Meski TikTok telah menjelma menjadi aplikasi terbesar di dunia, tapi pengguna TikTok belum bisa belanja atau bahkan memilih produk layaknya di Instagram atau Facebook. Padahal, kini sudah mulai banyak influencer yang eksis di TikTok lho.

Apalagi, para influencer juga sering mempromosikan barang -atau biasa disebut sebagai endorsement- di platform TikTok. Alhasil, selama ini TikTok hanya bisa digunakan sebagai media promosi saja.

Nah, dengan adanya kemitraan dan kerjasama baru dengan Shopify, para pedagang di e-commerce tersebut juga bisa berpartisipasi dalam program uji coba. Lewat program tersebut, mereka bisa menambahkan tab belanja ke profil mereka dan menautkan ke produk dalam posting TikTok.

Baca Juga: Baru! TikTok Uji Fitur Ala Snapchat

Diketahui, salah satu merchant yang ikut dalam program uji coba TikTok-Shopify ini adalah Kylie Cosmetics, brand kosmetik milik selebriti dunia Kylie Jenner! Ke depannya, dikutip dari The New York Times, Shopify mengatakan akan memperluas fitur ini ke semua pedagangnya.

Adapun, sebenarnya sih, TikTok sudah bergabung dengan Instagram dan Facebook dalam menawarkan fasilitas belanja dalam aplikasi. Hal itu dilakukan seiring dengan banyaknya pembuat konten atau influencer yang mencari cara baru untuk menghasilkan uang dari audiens mereka.

Gimana, sudah siap promosi jualan di TikTok belum nih?