Fasilitas Rumah Susun Akuarium yang Unik di Jakarta!

Ilustrasi Gambar Rumah Susun Akuarium Beserta Fasilitasnya - Bisnis Muda - Canva.con

Ilustrasi Gambar Rumah Susun Akuarium Beserta Fasilitasnya - Bisnis Muda - Canva.con

Like

Baru-baru ini telah diresmikan Rumah Susun Akuarium di Jakarta, lho! Bapak Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Rumah Susun Akuarium di Pasar Ikan Jakarta Utara. 

Kampung rumah Susun Akuarium ini sama seperti Rumah Susun pada umumnya (rusunami) dengan sejumlah fasilitas yang standar adanya dan dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Rumah Susun Akuarium yang baru saja diresmikan oleh Gubenur DKI Jakarta ini sudah menyediakan konsep, yaitu "Community Action Plan"  (CAP). 

Yang menjadi unik dari Rumah Susun Akuarium ini adalah dengan desain yang membentuk bangunan vertikal. Bangunan vertikal ini di bangun agar dapat memiliki lebih banyak akses ruang terbuka agar dapat melakukan interaksi secara mudah yang menghasilkan terjalinnya suatu hubungan yang saling harmonis dan gotong royong antar komunitas warga Rumah Susun Akuarium ini dengan warga lainnya. 

 

Rumah Susun Akuarium

Rumah Susun Akuarium




Ruang terbuka berada di lantai dasar agar mudah untuk melakukan interaksi. Dengan begitu para penghuni berada di lantai atas dengan memiliki akses tangga untuk naik. 

Selain itu, disediakannya fasilitas untuk penyandang disabilitas, dan juga bagi yang masih muda ditempatkan di lantai atas dan yang sudah lansia ditempatkan di lantai bawah agar dapat memudahkan untuk melakukan aktifitasnya. 

Gubenur Anies Baswedan juga menyediakan fasilitas untuk umum, antara lain: 
  1. Menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan diluar sebelum masuk ke rumah susun akuarium tersebut. Hal ini dilakukan agar rumah susun akuarium ini tidak terlihat kumuh dan kotor.  
  2. Dibuatkannya jembatan antara warga kampung rumah susun akuarium ini dengan warga asli dari penjaringan atau luar batang. Ini dibuatkan agar memudahkan warga untuk berlalu lalang dengan mudah. 
  3. Disediakannya 3 (tiga) kios usaha untuk warga kampung rumah susun akuarium. 
  4. Disediakannya ruangan untuk dapat melihat dokumentari peninggalan cagar budaya yang berada di kawasan kampunh akuarium. 

Syarat utama jika ingin bertempat tinggal di Rumah Susun Akuarium ini ialah warga yang pernah terkena dampak gusuran. Mereka akan diprioritaskan lebih dulu, dengan bukti yang valid untuk dijadikan persyaratan awal. 

Terdiri dari 2 blok dengan 5 lantai, ada 107 unit bangun Rumah Susun Akuarium. Fasiltas yang di dapat setiap keluarga, antara lain: 
  1. Memiliki tipe 36
  2. Ada 1 Kamar Tidur Seluas 3 x 4 meter 
  3. Ada 1 Kamar Mandi 
  4. Ada Dapur 
  5. Ada Ruang keluarga/Tamu
  6. Serta Balkon Untuk Menjemur Pakaian 
  7. Penyediaan Air bersih
Nah buat para Be-emers, semoga informasi diatas dapat membantu yah!