Berikut Sejarah Singkat Manchester United dan Sekilas Fakta Menariknya

Manchester United Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Manchester United Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Kabar Cristiano Ronaldo yang kembali pulang ke Manchester United memang cukup membuat publik terkejut.

Pasalnya, sebelum pemain mega bintang kelahiran Portugal ini menandatangi kontrak sebesar 23 juta euro atau sekitar Rp388 Miliar dengan Manchester United, justru sang rival yaitu Manchester City diketahui membidik terlebih dahulu pemain mega bintang kelahiran Portugal tersebut.

Alasan kepulangan Cristiano Ronaldo pun dinilai sebagai wujud partisipasinya untuk Manchester United yang sedang membangun kembali era kesuksesannya.

Perjalanan panjang klub bola asal Manchester Raya, Inggris ini memang tak perlu diragukan lagi hingga terbilang mampu melahirkan berbagai macam pemain bintang hingga trofi.

Namun jika ditarik sedikit kebelakang, Be-emers sendiri sudah mengetahui perjalanan panjang dari Manchester United belum?


Baca Juga: Jadi Kontroversi, Saham Manchester United (MANU) Bakal Dilepas Avram Glazer
 

Sejarah Singkat Manchester United

Melansir dari Unitedismyreligion, Manchester United Football Club ialah sebuah klub sepak bola professional asal Inggris yang tergabung pada Liga Premier Inggris atau Liga Utama Inggris yang berdiri pada tahun 1878.

Pada debut pertamanya pada tahun 1878, klub ini semula bernama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C yang diambil dari sang pelopor Lancashire dan Yorkshire yang seringkali melakukan latihan di stasiun kereta api di bilangan Newton Heath.

Namun, di tahun 1902 dan bertepatan dengan keadaan klub yang kian hari dilanda utang yang membuatnya hampir bangkrut, klub tersebut melakukan pencarian investor guna keberlangsungan agar klub tersebut tetap ada.

Lalu, terbesit nama J.H. Davies yang menjadi investor pada klub itu dan langsung menjadi ketua atas klub tersebut. Tak berselang lama, diadakanlah rapat untuk mengganti nama klub.

Mulanya, terdapat beberapa kandidat nama klub tersebut. Mulai dari Manchester Central, Manchester Celtic, dan Manchester United.

Terpilihlah nama Manchester United tepat pada 26 April 1902. Seiring berjalannya waktu, Manchester United memiliki nama julukan lain yang mulai eksis dikenal oleh publik yaitu The Red Devils yang diadaptasi dari warna yang dominan pada logo serta kostum klub yaitu merah.

Adapun, markas utama dari Manchester United ini ialah Old Trafford yang terletak di Manchester Raya, Inggris.

Manchester United pun terbilang pernah mengalami masa kejayaannya dan diisi oleh berbagai macam pemain mega bintang seperti David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Bobby Charlton, hingga Eric Cantona.

Hingga saat ini, nama Manchester United Football Club terus berkibar dengan dukungan seluruh fansnya yang tersebar di seluruh dunia dengan memperoleh 42 trofi.

 

Fakta Menarik Manchester United

  • Tim Inggris Pertama yang Berlaga dan Berjaya di Kompetisi Eropa
    Menghimpun dari Bolaskor, Manchester United berhasil memenangi Liga Premier Inggris pada tahun 1956.

    Selain itu, MU juga melambungkan namanya di kancah eropa dengan menglahkan Benfica pada tahun 1968 yang membuat predikat sebagai tim pertama asal Inggris yang berjaya di eropa.
     
  • Pemegang Beberapa Rekor pada Liga Premier Inggris
    Manchester United pernah menorehkan beberapa rekor pada Liga Premier Inggris, seperti rekor jumlah gol terbanyak pada tahun 2018 dalam 25 tahun terakhir dengan torehan sebanyak 1909 gol.

    Lalu, Manchester United juga pernah menorehkan rekor clean sheet pada tahun 2018 dengan membubukan kurang lebih 433 clean sheet.