Jenis-Jenis Asuransi Dasar yang Wajib Kamu Miliki!

Insurance Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Insurance Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Perlindungan atas aset yang kamu miliki merupakan hal paling penting dalam menciptakan rencana masa depan yang solid dan berjangka panjang, Be-emers!

Dengan asuransi yang tepat, kamu akan terbantu menjaga kekuatan penghasilan dan harta benda milikmu. Tapi dari sekian banyak jenis asuransi, kira-kira yang mana ya yang paling penting untuk dimiliki lebih dahulu?

Yuk, kita cari tau bersama, Be-emers!
 

Asuransi Jiwa

Pada dasarnya, selain melindungi dirimu, asuransi jiwa melindungi orang-orang yang secara finansialnya bergantung kepada kamu, Be-emers.

Maksudnya adalah, jika kamu meninggal nanti, orang tua, pasangan, anak-anak, atau orang terdekatmu tidak akan menghadapi kesulitan setelah kamu tinggalkan, karena mereka akan mendapatkan uang dari asuransi jiwamu.

Nah, asuransi ini memang sebisa mungkin wajib dimiliki oleh setiap orang, namun, asuransi jiwa paling penting dimiliki oleh seorang kepala keluarga. Karena, biasanya kepala keluarga lah yang mencari nafkah. 


Sehingga ketika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, keluarga tidak mendapatkan beban karena kehilangan nafkah.
 

Asuransi Kesehatan

Biaya perawatan medis yang seringkali melonjak menjadi alasan paling kuat untuk menjadikan asuransi kesehatan sebagai kebutuhanmu. Bahkan, kunjungan rutin ke dokter sering memakan biaya yang cukup besar.

Meskipun biaya asuransi kesehatan merupakan beban keuangan bagi semua orang, potensi untuk tidak memiliki dana saat keadaan darurat jauh lebih tinggi, Be-emers.

Dengan menggunakan asuransi kesehatan, perlindungan atas kesehatanmu akan lebih terjamin, karena biaya pengobatan ketika kamu sakit ataupun kecelakaan akan dibiayai oleh pihak asuransi. Selain itu, perawatan kesehatan yang bagus pun akan tercover oleh asuransi

Bahkan, sangat direkomendasikan untuk mendapatkan asuransi kesehatan semuda mungkin saat kamu masih dalam kondisi sehat. Dalam memilih asuransi kesehatan, jangan lupa pertimbangkan faktor harga, kebutuhan, usia, premi, dan peraturan lainnya.
 

Asuransi Kendaraan

Saat kamu memutuskan untuk memiliki kendaraan, baik motor maupun mobil, jangan lupa untuk berikan asuransi juga untuk kendaraanmu, ya! Hal tersebut penting untuk melindungi kendaraanmu dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Misalnya kamu mengalami kecelakaan saat berkendara dan mobilmu mengalami kerusakan, dengan adanya asuransi, kamu bisa mendapatkan perbaikan gratis hingga bahkan penggantian unit.

Selain itu, asuransi kendaraan juga mengcover kewajiban dari kerusakan dan cedera yang kamu alami.

Ada beberapa tipe dari asuransi kendaraan, antara lain:
  • Perlindungan cedera pribadi: Meliputi biaya pengobatan untuk cedera penumpang dan pengemudi.
  • Liabilitas: Termasuk cedera tubuh dan tanggung jawab kerusakan properti, mencakup kerusakan pada orang lain dan properti mereka. Tidak mencakup pengemudi atau penumpang.
  • Collision: Menjamin biaya kerusakan mobil, terlepas dari siapa yang salah.
  • Komprehensif: Melindungi dari kerugian finansial dan menanggung kewajiban atas cedera dan kerusakan pada orang lain yang disebabkan oleh mobil Anda.
  • Pengemudi yang tidak diasuransikan / Kurang diasuransikan: Memberikan perlindungan jika orang yang menabrak mobil Anda tidak memiliki asuransi yang cukup untuk menutupi kerusakan atau tidak memiliki pertanggungan sama sekali.
  • Asuransi pencurian mobil: Bagi mereka yang memiliki mobil bernilai tinggi, mewah, atau baru, asuransi pencurian mobil sangat dianjurkan.
 
 

Asuransi Rumah Tinggal

Asuransi rumah melindungi rumahmu dari kerusakan dan pencurian. Saat membeli asuransi ini, carilah polis yang mencakup penggantian struktur dan isi/fasilitas, bersama dengan biaya hidup di tempat lain saat rumahmu sedang diperbaiki.

Polis tersebut juga harus memberikan pertanggungan yang memadai untuk biaya pertanggungjawaban terhadap kerusakan yang mungkin terjadi pada properti.

Membeli asuransi di masa sekarang memang membuat kita harus berhemat, Be-emers. Namun, hal ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan yang penuh dengan ketidakpastian.

Dari keempat asuransi di atas, mana yang sudah kamu miliki nih, Be-emers?