Hati-Hati! Kenali Apa Itu Hidden Cost, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Hidden Cost Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Hidden Cost Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Pernah enggak sih, tiba-tiba saja uang kamu cepat habis padahal sudah bikin anggaran? Nah, bisa jadi, kamu enggak sadar atau melewatkan hidden cost dalam keuangan kamu nih, Be-emers.

Di suatu hari, kamu sudah siap untuk makan bersama dengan teman-teman kamu. Pastinya, budget makan atau hang out sudah kamu persiapkan terlebih dahulu.

Namun, usai makan-makan bersama dengan teman, tiba-tiba pengeluaran kamu lebih dari apa yang sudah kamu anggarkan. Setelah dicek, ternyata ada PPn, biaya parkir, hingga biaya lainnya yang akhirnya malah bikin pengeluaran kamu bertambah.

Nah, hal itu seringkali disebut sebagai hidden cost nih, Be-emers. Hidden cost pun bisa terjadi di setiap lini kehidupan kita lho, mulai dari gaya hidup hingga saat berbisnis.

Baca Juga: Selain Sembako, Sekolah Hingga Lahiran Juga Dikabarkan Bakal Kena PPN! Apa Sih Tujuannya?
 

Apa Itu Hidden Cost?

Dalam bahasa Indonesia, hidden cost artinya biaya tersembunyi. Dikutip dari laman PFCU, hidden cost atau biaya tersebunyi adalah sebuah biaya tak terduga yang ditambahkan ke dalam pembelian.


Disebut tersembunyi, hidden cost ini memang sifatnya sering diabaikan atau tidak disadari.

Biasanya, hidden cost akan muncul ketika seseorang kurang detil terhadap anggaran keuangannya atau disebabkan oleh faktor lain seperti perubahan kebijakan tarif/harga maupun anggaran yang terlalu nge-pas.

Nah, dimana saja biasanya kita bisa menemukan hidden cost?
Klik Halaman Selanjutnya ya!