Bos JD.com Richard Liu Fokus Strategi Jangka Panjang dan Operasi Sehari-Hari Perusahaan

Bos JD Richard Liu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Bos JD Richard Liu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Kata siapa bos cuma bisa menyuruh doang? Bos JD.com bernama Richard Liu justru memilih terjun langsung untuk operasi sehari-hari perusahaan hingga fokus pada strategi jangka panjang JD.com lho.

Dikabarkan Reuters, Founder sekaligus Eksekutif JD.com Richard Liu akan mengalihkan fokusnya ke strategi jangka panjang salah satu raksasa e-commerce itu. Liu pun bakal menciptakan peran baru presiden untuk menjalankan operasi sehari-hari perusahaan!

Kenapa Richard Liu melakukan hal itu?

Di satu sisi, ternyata hal itu cukup lazim dilakukan oleh para petinggi perusahaan teknologi China yang secara bertahap akan melepaskan posisi teratasnya nih, Be-emers. Hal itu pernah terjadi juga pada Alibaba dan ByteDance.

Bahkan, Jeff Bezos juga melakukan hal serupa, dengan memilih untuk tetap menjadi komisaris saat melepas “tahtanya” sebagai CEO Amazon.


Nah, dilansir Reuters, peran baru Richard Liu sebagai orang nomor satu di JD.com bakal diisi oleh Xu Lei, yang kini menjadi kepala dari divisi terbesar JD.

Sementara Liu, berdasarkan pernyataan resmi JD, akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membimbing manajemen yang lebih muda dan berkontribusi pada revitalisasi daerah pedesaan.

Baca Juga: Perkuat Fintech & E-Commerce China, Induk TikTok Luncurkan Dompet Digital

 

Fokus Bos JD Richard Liu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Bisnis Muda

Fokus Bos JD Richard Liu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Bisnis Muda

 

Kendali Richard Liu di JD.com

Berdasarkan laporan tahunan JD di 2020, Richard Liu diketahui hampir memiliki 80 persen kendali di JD. Pria bernama lengkap Richard Liu Qiangdong itu, dikutip Financial Times, bahkan kerap dijuluki sebagai “Jeff Bezos-nya China” seiring dengan model bisnis JD yang mirip dengan Amazon.

Eksis sejak 2004, di bawah kepemimpinannya, Liu memang telah mengembangkan JD.com  menjadi salah satu perusahaan ritel terbesar di China!

Namun, dominasi kepemilikan saham Liu di JD.com juga menuai banyak sorotan nih, Be-emers. Reuters menyebutkan, sejumlah investor sebelumnya telah menyuarakan kekhawatiran bahwa kontrolnya yang ketat dan kurangnya penerus yang jelas, bisa menimbulkan risiko manajemen di JD.com.

Meski begitu, Analis Citi mengatakan promosi Xu mencerminkan cara dia membuktikan kepemimpinan dan keterampilan manajemennya dalam mempelopori operasi JD.

Adapun, di tahun 2019, Forbes mencatat Richard Liu dalam daftar “Orang Paling Kaya di China” lho. Dikutip Forbes, hingga Juli 2021, kekayaan bersih Richard Liu mencapai US$20,1 miliar.