Ini Tanggapan Mark Cuban Soal Crypto Exchange Coinbase VS SEC

Respon Mrrk Cuban soal Coinbase VS SEC Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia - Flickr

Respon Mrrk Cuban soal Coinbase VS SEC Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia - Flickr


Belakangan, ramai perseteruan yang terjadi antara crypto exchange Coinbase dengan Securities and Exchange Commission (SEC) nih, Be-emers. Hal ini pun menuai banyak respon, termasuk dari pengusaha sekaligus investor Mark Cuban.

Coinbase selama ini dikenal sebagai salah satu cryptocurrency exchange terbesar di Amerika. Namun, perusahaan yang dipimpin oleh Brian Armstrong itu harus menghadapi ancaman dan tuntutan dari regulator sekuritas federal!

Sebenarnya ada apa sih dengan Coinbase?

Baca Juga: Mengenal Coinbase! Apa Itu?
 

Permasalahan Layanan Lend Coinbase

Dilansir dari The New York Times, para regulator sekuritas federal mengancam akan menuntut Coinbase atas produk Lend, yang mana akan memungkinkan pelanggan mendapatkan bunga dari setoran aset digital.

Nah, diketahui Coinbase sebenarnya sedang dalam proses pengajuan peraturan. Pihak Coinbase pun mengatakan, pada 1 September 2021, Komisi Sekuritas dan Bursa memberitahu mereka bahwa produk Lend dapat melanggar undang-undang sekuritas!


Sekedar info, Lend merupakan layanan penghasil bunga milik Coinbase. Lend yang dirilis pada Juni 2021 ini mirip dengan rekening yang secara tradisional ditawarkan oleh bank.

Lebih tepatnya, Lend akan memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan bunga dari setoran kripto. Nantinya secara khusus, pelanggan akan memperoleh bunga atas USD Coin -atau disebut stablecoin yang nilainya terkait dengan dolar.

Nah, tentu hasil bunganya akan lebih tinggi daripada yang ditawarkan di rekening bank tradisional.

 

Coinbase - Image: Flickr

Coinbase - Image: Flickr



Sayangnya, Lend justru dianggap membawa masalah karena dipertanyakan, apakah layanan tersebut akan terlibat dalam perdagangan atau menawarkan produk kepada konsumen yang dianggap sebagai sekuritas. Sedangkan di ranah tersebut, SEC punya kekuasaan untuk mengatur.

Peringatan yang diterima Coinbase juga dinilai menjadi indikasi bahwa SEC mengawasi dengan cermat perusahaan kripto. Dikutip The New York Times, Gary Gensler dari SEC mengatakan, dirinya cukup khawatir tentang efek yang dapat ditimbulkan oleh pertukaran dan produk kripto yang enggak diatur dalam pasar.


 

Respon Mark Cuban terhadap Coinbase VS SEC

Polemik ini tentu saja memicu berbagai respon. Mark Cuban pun menjadi salah satu investor terkenal yang menanggapi permasalahan SEC dengan Coinbase.

Pada Rabu (8/9), dikutip Business Insider, Mark Cuban mengatakan kepada CEO Coinbase Brian Armstrong untuk sebaiknya menjadi ofensif terhadap SEC. Dikutip dari cuitannya di Twitter, Cuban mengatakan,

“Brian, this is 'regulation via litigation.' They aren't capable of working through this themselves and are afraid of making mistakes in doing so," -Mark Cuban

 

Respon Mark Cuban soal Coinbase VS SEC Illustration Web Bisnis Muda

Respon Mark Cuban soal Coinbase VS SEC Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia



Tweet yang diunggah oleh Mark Cuban merupakan respon terhadap thread CEO Coinbase, yang mana menyebutkan kalau pihaknya diancam SEC jika terus menawarkan produk berbunga baru, yakni Lend.

Brian Armstrong juga menilai kalau SEC merasa seolah-olah memiliki tujuan untuk melindungi investor dan menciptakan pasar yang adil. Hal itu menurutnya sangat membingungkan.

Ia pun mempertanyakan sebenarnya siapa yang mereka lindungi dan dimana letak kerugian dari layanan Lend yang Coinbase luncurkan.

Baca Juga: Brian Armstrong, Miliarder Baru Berkat Suksesnya Coinbase

Padahal, diketahui dari lama The New York Times, Brian Amstrong pernah pergi ke Washington pada Mei 2021 untuk bertemu dengan regulator keuangan di banyak lembaga. Namun, Brian mengatakan bahwa hanya SEC lah satu-satunya regulator yang menolak bertemu dengannya.

Adapun, Business Insider menyebutkan bahwa SEC di bawah Ketua Gary Gensler telah memberi sinyal selama berbulan-bulan bahwa bakal lebih banyak regulasi kripto ke depannya nih.

Hmmm.. gimana menurut kamu soal layanan Lend milik Coinbase?